by

Soal Kemungkinan Lebaran Besok, Ini Kata LAPAN

Soal Kemungkinan Lebaran Besok, Ini Kata LAPAN

Smartcitymakassar.com – Jakarta. Kementerian Agama RI akan menggelar sidang isbat (penetapan) awal bulan Syawal 1442 H pada Selasa, 11 Mei 2021, bertepatan 29 Ramadan 1442 H atau hari ini. Pertanyaan pun banyak muncul soal kemungkinan Hari Raya Idul Fitri pada besok hari atau Rabu (12/5/2021).

Menanggapinya, Lembaga Penerbangan dan Antariksa (LAPAN), mengatakan hilal tidak akan terlihat hari Selasa ini (11/6/2021). Hal ini disampaikan Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa (LAPAN) Thomas Djamaluddin.

‘FooterBanner’


Menurut Thomas Djamaluddin, pada Selasa (11/5/2021) hari ini karena posisi Bulan masih terbenam atau masuk dalam ketinggian minus, maka hilal mustahil terlihat.

BACA JUGA:  Didampingi Panglima TNI, Kapolri Beri Tiket Sekolah Bhabinkamtibmas Usai Sidak PPKM Mikro di Kudus

“Saat Maghrib nanti mustahil hilal terlihat, karena Bulan sedang terbenam atau ketinggian minus,” kata Thomas kepada wartawan.

Karena dalam ketinggian minus, hilal tidak mungkin terlihat. Saksi yang mengaku melihat juga akan ditolak hakim agama dan sidang isbat.

Dengan demikian, Bulan Ramadhan akan digenapkan menjadi 30 hari. Menurut Thomas, Idul Fitri akan ditetapkan pada Kamis, 13 Mei 2021.

“Ramadhan 30 hari, Idul Fitri-nya tanggal 13 Mei,” ujar Thomas. (Ip)

Comment