by

Fatma Rusdi Harapkan Komitmen Seluruh Pihak Mencapai Tujuan Sustainable Development

Keterangan: Wakil Walikota Makassar, Fatmawati Rusdi, saat di Rakor RAD TPB/sDGs Bappeda di ruang Sipakalebbi lantai ll Kantor Balaikota Makassar, Kamis (29/4/2021) / foto: ist.

Smartcitymakassar.com, Makassar. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Makassar menggelar rapat koordinasi, Konsultasi Publik Rencana Aksi Daerah (RAD) Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Sustainable Development Goals (TPB/SDGs).

Rakor yang dibuka oleh Wakil Walikota Makassar, Fatmawati Rusdi, diikuti oleh kepala SKPD lingkup Pemerintah Kota Makassar serta NGO, CSO, CSR dan lembaga donor lainnya.

‘FooterBanner’


Menurut Wakil Walikota, Fatmawati Rusdi, tujuan utama dari TPB SDGs adalah pembangunan yang menjaga peningkatan ekonomi kesejahteraan bagi masyarakat secara berkesinambungan.

“Tujuan pembangunan berkelanjutan bisa tercapai dengan terbentuknya dokumen RAD TPB SDGs Kota Makassar, melalui keterlibatan aktif dan komitmen dari semua pihak, baik dari pemerintah maupun non pemerintah,” ucap Fatma, di ruang Sipakalebbi lantai ll Kantor Balaikota Makassar, Kamis (29/4/2021).

Lanjut Fatma, dalam mendukung pelaksanaannya RAD tertuang dalam Perpres No. 59 Tahun 2017, tentang Pelaksanaan Pencapaian TPB SDGs serta finalisasi Dokumen RAD TPB SDGs Kota Makassar, Tahun 2021-2026.

BACA JUGA:  Satpol PP Kota Makassar Bagikan Paket Bahan Pokok Kepada Pedagang Kaki Lima

“Nantinya diinternalisasi dalam dokumen perencanaan RPJMD, Renstra, RKPD dan Renja serta diselaraskan dengan misi visi dari program bapak Walikota Makassar Danny Pomanto,” ujarnya.

Olehnya itu, Fatma berharap, pencapaian target tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development yang terlibat di dalamnya untuk berperan aktif dan berkomitmen baik dari pihak pemerintah maupun non pemerintah.

Kepala Bidang Sosial Budaya Bappeda Makassar, DR. Amri Akbar, mengatakan, ada tiga dokumen penting yang harus diselaraskan dalam menyusun SDGs.

“Telah dijelaskan bahwa ada tiga dokumen penting yang harus diselesaikan dalam penyusunan perencanaan yakni RPJMD, Renstra dan RKPD kota Makassar, ketiganya harus diselaraskan dengan dokumen TPB disusun sesuai dengan Misi Visi Pemerintah kota 2021-2026,” terangnya.

Dalam rakor ini Bappeda Makassar menghadirkan Agus Salim, dosen dari Unhas, sebagai satu satunya narasumber pada rakor ini.** (Ib)

Comment