by

Gojek Hadirkan Layanan Terbaru, GoCar Instant Bandara Internasional Sultan Hasanuddin

Keterangan Foto: Layanan Terbaru Gojek, GoCar Instant Bandara Internasional Sultan Hasanuddin

Smartcitymakassar.com – Makassar. Gojek, super app terdepan di Asia Tenggara terus berkomitmen untuk membantu masyarakat di Kota Makassar mengatasi friksi sehari-hari. Salah satu layanan terbaru yang hadir di Kota Makassar adalah layanan GoCar Instan di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin. Fitur ini memudahkan setiap penumpang yang mencari moda transportasi untuk keluar dari kawasan bandara menjadi semakin cepat dan mudah. Layanan GoCar Instan ini mulai aktif 26 april 2021.

Dr. H. Muhammad Arafah, S.T, MT. selaku Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Selatan, menyatakan, ”Adanya moda transportasi baru GoCar Instan di dalam Bandara Internasional Sultan Hasanuddin ini tentu memberikan opsi tambahan kepada para calon penumpang untuk memilih. Apalagi Gojek sudah secara serius menjalankan protokol kesehatan yang ketat dalam setiap layanannya. Hal ini tentu saja akan memberikan rasa aman bagi penggunanya sekaligus membantu program pemerintah di Sulawesi Selatan untuk menekan angka penyebaran COVID-19 di wilayah ini. Dan yang utama, ini merupakan aspirasi pengemudi GoCar yang selama ingin bisa beroperasional di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.”

‘FooterBanner’


Bagaimana cara menggunakan fitur GoCar Instan? Cara mengakses layanan GoCar Instan ini sangat mudah. Calon penumpang tinggal masuk ke fitur GoCar seperti biasa, lalu masukkan tujuan dan titik penjemputan GoCar Instan. Titik penjemputan GoCar Instan di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin ada di Pintu Gerbang Kedatangan Domestik. Lalu akan muncul notifikasi GoCar Instan, calon penumpang tinggal klik “Coba GoCar Instan”. Cek kembali pesanan anda, lalu klik “Pesan GoCar”. Setelah mengkonfirmasi pesanan, maka akan muncul enam digit angka untuk ditunjukkan kepada mitra driver. Penumpang tinggal menunjukkan keenam angka ini kepada mitra driver, saat mobil GoCar menjemput. Jadi tidak perlu menunggu lama untuk mendapat transportasi untuk menuju tempat tujuan.

Wahyudi selaku General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) menyatakan bahwa hadirnya layanan GoCar Instan di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin ini memberi alternatif yang baik bagi penumpang untuk menggunakan transportasi online di masa pandemi seperti ini. Semoga hadirnya GoCar instan di Bandara Sultan Hasanuddin bisa membantu menjaga kondusifitas operasional bandara yang mencari kendaraan pulang. Selain itu, dengan protokol kesehatan yang ketat secara tidak langsung mencegah penyebaran COVID-19,” jelas Wahyudi.

Sementara itu Anandita Danaatmadja selaku VP Strategic Regional Gojek Indonesia Bagian Timur, menyatakan, ”Kami bangga menjadi mitra kerja Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan PT Angkasa Pura I (Persero) dalam memberikan layanan transportasi bandar udara yang prima kepada para penumpang. Sama seperti layanan Gojek lainnya, layanan GoCar Instan di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin ini pun selalu dilakukan dengan mengedepankan protokol J3K, atau Jaga Kesehatan, Kebersihan dan Keamanan. Dan tentu saja, semua nilai lebih yang ada di dalam Protokol J3K ini bisa didapat oleh semua penumpang dengan gratis. Tanpa biaya tambahan sehingga memberikan nilai lebih atau value for money dalam setiap layanan yang kami berikan”

BACA JUGA:  Fakultas Sastra UIM Gelar Workshop Kurikulum Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Ini yang Dibahas

Keseriusan Gojek dalam mengimplementasikan protokol J3K difokuskan pada tiga pilar utama, yakni pilar Edukasi, Teknologi, dan Infrastruktur yang saling melengkapi. Tiga pilar ini berfungsi untuk terus mendorong kebiasaan taat protokol kesehatan yang telah terbentuk di masyarakat dapat terus dijalankan secara ketat.

1. Pilar Edukasi merupakan upaya kolektif untuk meningkatkan kepatuhan protokol kesehatan saat beraktivitas sekaligus melawan pandemi bersama-sama, antara lain:

Edukasi secara berkelanjutan terkait kewajiban penerapan protokol kesehatan selama pandemi bagi mitra driver dan pelanggan (jaga jarak, penggunaan masker, hand sanitizer, desinfektan)

Edukasi manfaat vaksin melalui kanal komunikasi yang sesuai dengan karakteristik mitra driver: aplikasi mitra driver (GoPartner), KOPDAR, mengajak figur kompeten dan terpercaya seperti Satgas COVID-19

Gerakan #PesanDariRumah dengan melibatkan keluarga dari mitra driver untuk mengingatkan pentingnya saling menjaga antara mitra driver dan pelanggan dengan mematuhi protokol J3K di perjalanan

seperti penggunaan masker dengan benar, menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan

2. Pilar Teknologi menghadirkan ragam inovasi dalam bentuk fitur teknologi di aplikasi mitra driver maupun pelanggan terkait kepatuhan menjalankan protokol kesehatan, di antaranya:

Status suhu tubuh mitra driver dan kebersihan kendaraan di aplikasi pelanggan

Fitur “Komitmen Keamanan terhadap Protokol J3K” di aplikasi pelanggan

Fitur Ceklis Protokol J3K dan Selfie Verifikasi Masker di aplikasi mitra driver

Fitur Geofencing yang membantu mitra driver untuk tetap menjaga jarak aman (physical distancing) saat sedang tidak berkendara

Fitur “Laporan Kepatuhan Protokol Kesehatan” yang membantu pelanggan dan mitra driver untuk memberikan laporan terkait penerapan protokol kesehatan selama berkendara untuk meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab bersama

3. Pilar Infrastruktur terdiri dari elemen-elemen fisik penunjang berjalannya protokol kesehatan, seperti:

Pengoperasian Posko Aman J3K yang wajib dikunjungi mitra driver secara rutin apabila ingin beroperasi

Penerapan kewajiban penggunaan Alat Pelindung Diri (masker, hand sanitizer, J3K Shield atau extension kaca helm mitra driver GoRide)

Penggunaan sekat pelindung pada armada GoRide dan GoCar

Pengoperasian Zona NyAman J3K (titik tunggu atau pemesanan GoRide dan GoCar Instan)

Layanan Drive-Thru Vaksin dan Vaksinasi Mitra

Layanan GoCar Instan ini juga mendukung pariwisata Sulawesi Selatan dengan mengedepankan pemanfaatan teknologi dan protokol kesehatan yang memudahkan wisatawan untuk mengakses lokasi pariwisata seperti Pantai Losari, Fort Rotterdam, Masjid Kubah 99, wisata kuliner khas Makassar serta lokasi wisata lainnya. Dengan kemudahan ini, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

“Semoga dengan diresmikannya GoCar Instan di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar ini dapat menjadi solusi layanan untuk mendukung perjalanan yang aman, nyaman, mudah digunakan serta mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan bagi masyarakat dan juga wisatawan yang berkunjung,” tutup Anandita**(Jen)

Comment