by

Up-Dev Series MDV Ulas Topik ‘Buat Rumah Pintar Dengan Home Assistan’

Keterangan Foto: Up-Dev Series MDV Ulas Topik ‘Buat Rumah Pintar Dengan Home Assistan’

Smartcitymakassar.com – Makassar. Makassar Digital Valley senantiasa berkiprah dalam membangun skill dan meningkatkan pengetahuan di bidang technical melalui program Up-Dev Series, sebagai bentuk nyata membangun ekosistem digital di Kawasan Timur Indonesia.

Di bulan suci Ramadan ini, Makassar Digital Valley kembali gelar Ramadan Fair and Care yang mana tahun ini menjadi tahun ke-3 diselenggarakannya kegiatan ini.

‘FooterBanner’


Ramadan Fair and Care sendiri bertujuan untuk menumbuhkan kepedulian dan mempererat tali silaturahmi terhadap sesama melalui aksi donor darah, donasi untuk anak yatim serta menghadirkan Online Class yang berhubungan dengan pengembangan startup digital.

Setelah berlangsung agenda perdana pada tanggal 15 April lalu, salah rangkaian dari kegiatan Ramadan Fair and Care selanjutnya adalah diselenggarakannya Online Class Up-Dev Series yang berkolaborasi dengan Developer Student Club Universitas Ciputra.

Workshop kali ini mengulas topik “Buat Rumah Pintar Dengan Home Assistant” yang dibawakan oleh Full Stack Web Developer WASDLabs, Renaldi Pranata. Event ini berlangsung pada hari Sabtu, tanggal 17 April 2021, pukul 14.00-16.00 WITA melalui Video Conference.

Mengawali sesi Online Classnya, oleh Pemateri mengenalkan dasar-dasar dari teknologi Home Assistant yang dilanjutkan dengan demo instalasi dan implementasi penggunaan Home Assistant.

BACA JUGA:  Minta Rehabilitasi, Ketua LAN Sulsel: Antara Korupsi dan Narkoba Itu Sangat Rentan

“Home assistance device adalah alat yang bisa menghubungkan banyak smart device lain di rumah untuk di control secara lebih mudah. Alat ini biasanya dilengkapi dengan artificial intelligence atau AI untuk dapat merespon kebutuhan penggunanya. AI yang ada di alat ini bisa merespon dan mengatur berbagai alat yang sudah dihubungkan cukup dengan kata – kata. Implementasi penggunaan Home Assistant, pada dasarnya menyesuaikan kembali apa kebutuhan dari masing-masing penggunanya. Asal tahu bagaimana menggunakan teknologinya, kita sendiri bisa melakukan instalasi dan implementasinya di rumah untuk membantu pekerjaan sehari-hari,” jelas Renaldi Pranata.

General Manager Makassar Digital Valley, S. Ariyani menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pemateri atas sharingnya bersama teman-teman peserta dalam program Up-Dev Series dan juga mengajak para peserta agar terus memperbaharui informasinya seputar Makassar Digital Valley agar di bulan suci Ramadan ini senantiasa produktif bersama program dari Makassar Digital Valley**(Jen)

‘PostBanner’

Comment