by

Tingkat Kesejahteraan Ekonomi Penduduk Lutra Semakin Memburuk di Tahun 2020, Ini Datanya

Ilustrasi kemiskinan

Smartcitymakassar.com – Lutra. Selain tiga tahun terakhir (2018, 2019 dan 2020) Luwu Utara (Lutra) menjadi Kabupaten tertinggi ke 3 di Sulsel persentase tingkat kemiskinannya, tercatat juga pada tahun 2020 persentase tingkat kesejahteraan penduduk semakin “memburuk’ jika dibandingkan 2019.

Hal itu terlihat berdasarkan data BPS. Menurut BPS pada tahun 2020, persentase pengeluaran perkapita sebulan ‘makanan’ Lutra diangka 55,74%. Sementara pada tahun 2019 diangka 50,75% atau mengalami peningkatan.

‘FooterBanner’


Sementara itu pada tahun 2020 persentase pengeluaran perkapita sebulan ‘non makanan’ diangka 44,26% dan pada tahun 2019 diangka 49,25% atau mengalami penurunan.

Bahkan persentase pengeluaran perkapita sebulan ‘non makanan’ pada tahun 2020, Lutra terendah ke-2 di Sulsel.

BACA JUGA:  Garda Flobamora Sulsel Inisiator TENAS Flobamora di Bali

Menurut BPS, kegunaan data komposisi pengeluaran rumah tangga dapat dijadikan ukuran untuk menilai tingkat kesejahteraan ekonomi penduduk, dimana makin rendah persentase pengeluaran untuk makanan terhadap total pengeluaran makin membaik tingkat kesejahteraan.

Pengeluaran rumah tangga dibedakan menurut kelompok makanan dan bukan makanan. Perubahan pendapatan seseorang akan berpengaruh pada pergeseran pola pengeluaran. Semakin tinggi pendapatan, semakin tinggi pengeluaran bukan makanan. Dengan demikian, pola pengeluaran dapat dipakai sebagai salah satu alat untuk mengukur tingkat kesejahteraan penduduk, dimana perubahan komposisinya digunakan sebagai petunjuk perubahan tingkat kesejahteraan. (Ip)

Berikut Tabel BPS:

‘PostBanner’

Comment