by

Perkembangan Kasus OTT NA Terkini, Inilah Saksi-saksi yang Diperiksa KPK

Nurdin Abdullah di kantor KPK

Smartcitymakassar.com – Makassar. KPK kembali memanggil 4 saksi untuk diperiksa terkait kasus dugaan suap perizinan infrastruktur di lingkungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) tahun anggaran 2020-2021.

Adapun para saksi tersebut adalah Fery Triandy, John Theodore, dan

‘FooterBanner’


A Indar yang berprofesi sebagai wiraswasta. Sementara Rudy Ramlan merupakan Kadis PUPR Kabupaten Bulukumba.

“Pemeriksaan dilakukan di Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi Jl Kuningan Persada Kav.4, Setiabudi, Jakarta Selatan,” kata Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Rabu (24/3/2021).

Nama Ferry Tandiari sudah tak asing lagi. Pada sidang hak angket DPRD Sulsel pada Juli 2019, mantan Kepala Biro Pembangunan Pemprov Sulsel, Jumras mengungkapkan alasan pemecatan dirinya. Ia mengaku dipecat setelah dituduh oleh Gubernur Nurdin Abdullah menerima fee dari pengusaha terkait proyek di Sulsel.

“Ada yang tertulis kamu bahwa kamu meminta fee, lalu saya bilang dari siapa? Lalu diambillah surat lalu diperlihatkan ke saya, saya lihat di situ dua perusahaan, dua pengusaha, yang satunya Agung Sucipto, dan satunya bernama Ferry Tandiari,” kata Jumras

BACA JUGA:  Peringatan Hari Kebudayaan di MYKO Hotel Makassar

Sebelumnya, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman dipanggil tim penyidik KPK sebagai saksi.

“Andi Sudirman Sulaiman (Wakil Gubernur Sulawesi Selatan periode 2018–2023) didalami pengetahuan yang bersangkutan diantaranya mengenai tupoksi selaku Wakil Gubernur dan berbagai proyek pengadaan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan,” ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri lewat keterangannya, Selasa (23/3/2021).

Selain Andi Sudirman Sulaiman, saksi lain yang diperiksa yakni seorang kontraktor, Andi Gunawan. Ali menyebut Gunawan dikonfirmasi mengenai proyek-proyek yang dikerjakannya di Pemprov Sulsel.

“Andi Gunawan dikonfirmasi antara lain terkait berbagai proyek yang dikerjakan oleh saksi sebagai salah satu kontraktor di Sulawesi Selatan,” ucapnya

Sementara itu, kata Ali, ada saksi yang tidak menghadiri panggilan KPK yakni seorang wiraswasta bernama Petrus Yalim. Sehingga pemeriksaan Petrus akan dijadwal ulang. (Ip)

‘PostBanner’

Comment