by

Siswa SMA Islam Athirah 1 Makassar Jadi Delegasi Indonesia pada Simulasi Sidang PBB

Andi Aden Hamdani,

Smartcitymakassar.com – Makassar. Siswa SMA Islam Athirah 1 Makassar kembali mengukir prestasi membanggakan. Andi Aden Hamdani terpilih menjadi delegasi Indonesia dalam Konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Kegiatan Asia World Model United Nations Virtual Conference (AWMUN VC). Kegiatan ini akan digelar pada 26-28 Maret 2021 secara virtual melalui aplikasi konferensi video Zoom Meeting.

Kegiatan Asia World Model United Nations Virtual Conference (AWMUN VC) merupakan Virtual Model United Nations Conference yang mengusung tema “Rise Up: Combating World Crisis Through Global Cooperation.” Model United Nations (MUN) adalah simulasi akademis dari konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa di mana peserta berperan sebagai delegasi dari berbagai negara dan berupaya untuk memecahkan masalah global nyata dengan kebijakan dan perspektif negara yang ditugaskan.

‘FooterBanner’


Andi Aden Hamdani, siswa kelas XI MIPA 2 ini merupakan putra tercinta dari pasangan Bapak Andi Hamdani dan Ibu Andi Pajeriah. Saat dihubungi melalui WhatsApp, Andi Aden mengungkapkan rasa syukur dan menceritakan motivasi serta harapannya dalam mengikuti kegiatan AWMUN ini.

“Hal yang cukup memotivasi saya dalam mengikuti kegiatan ini yaitu keinginan tampil di depan umum, membayangkan diri saya ikut berdiskusi sebagai delegasi salah satu negara di PBB. Harapan saya setelah mengikuti kegiatan ini yaitu: (1) saya mampu mengembangkan diri saya jauh lebih baik dibandingkan sebelum mengikuti acara ini, dan (2) saya dapat mengambil pelajaran bagaimana melakukan diplomasi dengan baik dan benar. Bagi yang berminat ikut di kegiatan selanjutnya cukup mengisi biodata dan motivasi mengikuti acara ini. Panitia akan menilai calon peserta yang lulus salah satunya dari motivasi peserta itu sendiri,” ujar Aden (sapaan akrab Andi Aden).

Dalam kegiatan ini, setiap peserta akan menjadi delegasi negara lain. Untuk Aden, penempatannya adalah sebagai delegasi Brunei SPECPOL (Special Politic and Decolonization Committee) salah satu dari enam komite utama di Majelis Umum PBB. Untuk Indonesia sendiri yang menjadi delegasinya adalah perwakilan dari Singapura. Di AWNUM nanti, SPECPOL akan mendiskusikan misi keamanan PBB di wilayah Afrika.

BACA JUGA:  Peringati 3rd Anniversary, MDV Hadirkan Online Session dengan Topik 'Potensi Startup Kesehatan di Era New Normal'

Kepala SMA Islam Athirah 1 Makassar Tawakkal Kahar, S.Pd., M.Pd. Makassar mengucapkan selamat atas terpilihnya Aden menjadi delegasi Indonesia dalam kegiatan ini.

“Tembusnya Aden untuk mengikuti Simulasi Konferensi PBB tingkat remaja ini cukup membanggakan karena keikutsertaan sekolah kita ini adalah kali kedua. Semoga ananda Aden bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik, karena seleksinya cukup ketat. Tentu harapannya bahwa pelajar yang mewakil Indonesia adalah orang terbaik yang kelak bisa berbicara di forum PBB ini untuk memecahkan masalah global dunia. Selamat buat Aden semoga diberi kemudahan dan kelancaran mengikuti acara ini,” ujar Tawakkal.

Yusran, S.Pd., M.Pd. Wakasek Kesiswaan & IT SMA Islam Athirah 1 Makassar yang juga dihubungi melalui WhatsApp turut mengapresiasi prestasi Aden.

“Sebuah kebanggaan tersendiri bagi SMA Islam Athirah 1 Makassar karena salah satu siswanya (Aden) terpilih sebagai peserta Asia World Model United Nations (AWMUN). Semoga melalui kegiatan tersebut ananda Aden mendapatkan banyak Ilmu dan pengalaman yang dapat ditularkan ke teman-temannya yang ada di SMA Islam Athirah 1 Makassar,” ungkap Yusran.

Beberapa penghargaan juga akan diberikan kepada para peserta yang memenuhi kriteria dari panitia penyelenggara. Penghargaan/award tersebut yaitu: Best Delegate, Most Outstanding Delegate, Best Position Paper, Honourable Mention, Verbal Commendation, Best of The Best Delegates. Kita doakan bersama semoga Aden bisa meraih hasil yang terbaik dari kegiatan ini, Aamiin Ya Rabbal Alamin. (Hd)

‘PostBanner’

Comment