by

LPPM ITB Kalla Dorong Komitmen Kolaborasi Riset Dosen Pemula

LPPM ITB Kalla Dorong Komitmen Kolaborasi Riset Dosen Pemula

Smartcitymakassar.com – Makassar. Demi mewujudkan visi Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Kalla menjadi perguruan tinggi unggul dalam pengembangan kewirausahaan berbasis teknologi yang inovatif berlandaskan moral agama pada tahun 2031, maka salah satu aspek yang sangat strategis diperhatikan adalah penelitian. Untuk itu, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ITB Kalla menyelenggarakan Workshop Peningkatan Kapasitas Penelitian bagi Dosen Pemula pada Jumat (6/3).

Workshop ini bertujuan untuk mendorong minat penelitian dosen ITB Kalla yang terdiri dari praktisi maupun akademisi. Bertempat di LEC Athirah Makassar, kegiatan itu dihadiri kurang lebih 20 dosen tetap ITB Kalla.

‘FooterBanner’


Pelatihan dibuka oleh Rektor ITB Kalla, Syamril ST.,M.Pd. dalam sambutannya ia berpesan agar dosen ITB Kalla semangat mengikuti pelatihan tersebut dan belajar hal-hal baru karena segala sesuatu pasti ada manfaatnya.

Sesi pertama workhsop diisi dengan materi metode penelitian bisnis dan isu riset di bidang Kewirausahaan oleh Dr. Habib Muhammad Hasyib, dosen Universitas Fajar yang sekaligus ketua LPPM Unifa.

Selanjutnya, materi tentang isu penelitian di bidang teknologi dan retail dibawakan secara bersama oleh Faisal Akib, S.Kom., M.Kom. dan Anhar Januar Malik, S.E., M.Sc. Keduanya masing-masing Ketua Prodi Sistem Informasi UIN Alauddin dan Ketua Prodi Manajemen Retail ITB Kalla. Masing-masing sesi berisi penyampaian materi oleh narasumber, diskusi tanya jawab, dan diakhiri dengan Focus Group Discussion (FGD) rencana tindak lanjut ide penelitian.

BACA JUGA:  Begini Harapan Penggiat Budaya dari Kemendikbud di Hari Jadi Bone ke-691

Sementara itu, respon dari para peserta workshop cukup baik, beberapa di antaranya menyampaikan pentingnya pembaruan pemahaman riset bagi dosen pemula, mereka berharap kegiatan serupa dapat kembali terlaksana untuk memperkaya pengetahuan riset.

“Semoga ke depan kami masih berkesempatan mengikuti kegiatan serupa, ini sangat penting apalagi sebagai dosen pemula tentunya kami butuh banyak belajar, salah satunya adalah memperkaya ilmu tentang riset,” ungkap peserta workshop Sukri Muhammad yang juga dosen ITB Kalla.

Ketua LPPM ITB Kalla, Andi Tenri Pada menyampaikan terima kasih atas dukungan segenap sivitas akademika sehingga kegiatan tersebut dapat berjalan dengan lancar.

“Pelatihan ini adalah program awal tahun ITB Kalla bagi segenap dosen yang akan di follow up secara berkelanjutan. Potensi besar yang sudah ada pada dosen baik akademisi maupun praktis hanya akan dapat terwujud dengan kerjasama. Kuncinya ada pada komitmen kolaborasi,” ujarnya

Tahun ini LPPM menargetkan semua dosen tetap dapat mempublikasikan penelitiannya baik melalui hibah eksternal maupun internal. Apalagi mengingat kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat adalah wajib dalam karier dosen dan turut berkontribusi dalam membangun reputasi sebuah kampus. (Hd)

‘PostBanner’

Comment