by

Selain Harap Tetap Dilanjutkan, Wartawan Senior ini Juga Minta KPK Selidiki Proyek Jalan Seko

Proyek jalan seko lutra

Smartcitymakassar.com – Makassar. Pasca tersangkanya Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah (NA) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Minggu (28/2/2021) dini hari, menimbulkan pro dan kontra khususnya dimasyarakat Sulsel.

Sebelumnya diketahui, Wakil Ketua KPK, Nurul Gufron saat diwawancara di program “Kompas Pagi” di Kompas TV, Senin (1/3/2021), menegaskan akan membuktikan dugaan korupsi NA sejak menjadi Bupati di Bantaeng.

‘FooterBanner’


Sementara itu, Koordinator Badan Pekerja Komite Masyarakat Anti Korupsi (KMAK) Sulselbar dan Koordinator Forum Komunikasi Lintas (FoKaL) NGO Sulawesi, Djusman AR yang disebut sebut sebagai pelapor NA ke KPK, pada Rabu (3/3/2021), meminta agar semua proyek yang berjalan di di Sulsel yang melibatkan NA sebaiknya diperiksa oleh penyidik KPK.

Menanggapinya, wartawan senior Makassar, Makmur Gazali mengatakan sangat setuju jika semua dugaan suap menyuap proyek diusut. Bahkan dirinya juga meminta KPK menyelidiki proyek jalan Seko, dimana anggaran dari APBD Sulsel hingga ratusan milliar.

“Saya juga berharap dan meminta KPK selidiki Proyek Seko. Apalagi anggaran dari APBD Sulsel saya dengar sampai ratusan milliar, wajib KPK selidiki,” kata Makmur Gazali, via WhatsApp, Minggu (7/3/2020).

Disinggung soal nasib jalan Seko, Makmur Gazali menegaskan sangat mendukung Pemprov Sulsel untuk melanjutkan proyek jalan Seko tersebut.

“Saya sangat mendukung Pemprov Sulsel lanjutkan proyek Seko. Ingat, program prioritas infrastruktur yang sangat berguna bagi masyarakat adalah sesuatu hal yang berbeda dengan indikasi suap menyuap didalammnya,” katanya.

BACA JUGA:  Danny Ingatkan, Pengelola Mall yang Abaikan Prokes Bisa Berujung Pencabutan Izin

“Sekali lagi, saya dukung kelanjutan proyek jalan Seko hingga selesai. Jangan karena persoalan oknum yang nakal hingga proyek yang sangat bermanfaat bagi masyarakat jadi mangkrak, itu yang tidak benar.,” pungkanya.

Soal Anggaran Jalan Seko

Nurdin Abdullah sangat fokus terhadapat percepatan pembangunan proyek jalan di Seko, Luwu Utara. Berdasarkan pemberitaan sebelumnya, saat bersama rombongan berkunjung ke Seko, pada Kamis (02/01/2020), Kadis Kominfo-SP Provinsi Sulsel, Ir. H. Andi Hasdullah, M.Si menyebutkan bahwa Berdasarkan data yang dihimpun dari one data Sulsel selaku walidata menerangkan panjang jalan ruas Sabbang-Seko 130 km.

Menurutnya, Pemerintah mengalokasikan anggaran untuk tahun 2019 sebesar Rp 49.075 miliar yang meliputi APBN 28 milliar, APBD Sulsel 13.075 milliar dan bantuan keuangan provinsi Rp 8 milliar.

Selanjutnya menurut Andi Hasdullah pada tahun 2020, alokasi anggaran sebesar 133 Milliar, meliputi APBN Rp 28 milliar, DAK Rp 42.46 milliar, dan APBD Sulsel Rp.62.56 milliar. Dan pada tahun 2021, estimasi biaya kmasih butuhkan sekitar Rp 250 milliar dari keseluruhan panjang jalan sudah kondisi teraspal, termasuk beberapa titik jembatan dan pelebaran jalan. (Ip)

‘PostBanner’

Comment