by

Soal Proyek Stadion Mattoanging, ini Tanggapan Wali Kota Makassar dan Plt Gubernur Sulsel

Pembomgkaran stadion Mattoanging

Smartcitymakassar.com – Makassar. Pembangunan Stadion Mattoanging Andi Mattalatta, Makassar terancam berhenti di tengah jalan.

Yang menjadi persoalan bagi Wali Kota Makassar, Danny Pomanto adalah izin analisis dampak lalu lintas (andalalin) dianggap melanggar dan akan menyebabkan kemacetan. Sehingga lokasinya harus dipindahkan.

‘FooterBanner’


“Jadi begini, saya tidak pernah menganulir idenya orang, termasuk ide stadion, silahkan bangun stadion. Tapi di tempat yang ijin peruntukannya sesui tata ruang,” ujar Danny, Rabu (3/3/2021).

“Kalau mau bangun di sampingnya stadion barombong, jadi ada dua stadion tidak apa apa,” jelas Danny.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) memberi sinyal tidak akan melanjutkan proyek yang digagas oleh Gubernur Sulsel non aktif Nurdin Abdullah tersebut. Sinyal pemberhentian proyek yang telah menelan anggaran hingga Rp 20 miliar lebih tersebut diungkapkan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman. Menurutnya, Pemprov Sulsel saat ini memprioritaskan untuk membayar utang ketimbang membangun infrastruktur atau proyek.

Andi Sudirman bahkan menegaskan proyek Stadion Mattoanging bukan sebagai prioritas pembangunan selama ia menjabat sebagai pelaksana tugas (Plt).

Sementara itu, Persoalan lain yang muncul, ternyata proyek pembangunan Stadion Mattoangin tidak memiliki anggaran pembangunan fisik yang jumlahnya mencapai Rp1,1 triliun. Pada rapat evaluasi triwuan IV tahun 2020 lalu, Komisi E DPRD Sulawesi Selatan dan Dinas Pemuda dan Olahraga Sulsel, terungkap bahwa anggaran untuk Stadion Mattoanging tidak tersedia. Anggaran ini diharapkan berasal dari dana Pemulihan Ekononomi Nasional (PEN).

BACA JUGA:  Kapolda Sulsel Bersama Plt. Gubernur Sulsel Pantau Penerapan Prokes di Pasar Butung dan Mall Panakukkang Makassar

“Ini salah satu menjadi bahan pertimbangan jangan sampai proyek ini dilaksanakan tanpa anggaran yang tersedia. Termasuk kemungkinan mangkrak dan sebagainya. Banyak hal yang harus dipikirkan,” kata Irfan AB, anggota DPRD Sulsel.

Diketahui, proyek Stadion Mattoanging ini sudah mengeluarkan anggaran sekitar Rp14 miliar pada tahun 2020 dan di tahun 2021 dianggarkan lagi Rp30 miliar untuk lelang manajemen konstruksi.

Adapun Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulsel, Andi Arwin Aziz tak ingin memberikan penjelasan terkait keberlanjutan proyek stadion yang menjadi homebase klub sepak bola PSM Makassar. Andi Arwin Aziz mengatakan bahwa proses renovasi Stadion Mattoanging masih berjalan sesuai rencana awal.

Kasus korupsi yang menimpa Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah disebut tidak mengganggu proses renovasi.

Sebab dana yang digunakan berasal dari APBD yang sudah ditetapkan nominalnya sebelum proses renovasi berjalan.

“Kalau dikatakan bagaimana nasibnya, masih seperti sebelumnya karena sudah ditetapkan di APBD,” ujar Andi Arwin.

“Lalu dilakukan secara multiyears, sehingga tidak serta merta langsung berkaitan dengan kasus (korupsi) ini,” lanjutnya. (Ip)

‘PostBanner’

Comment