by

Varian Baru Virus Corona Asal Inggris Ditemukan di Indonesia

Kluster virus SARS-CoV-2 (severe acute respiratory syndrome coronavirus 2) yang menyebabkan COVID-19 tampak dari mikroskop. (Foto: Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular AS)

Smartcitymakassar.com – Jakarta. Kementerian Kesehatan memastikan varian baru virus corona, penyebab COVID-19, yang berasal dari Inggris, yaitu B117 telah ditemukan di Indonesia.

Tepat satu tahun pandemi COVID-19, pemerintah mendeteksi untuk pertama kalinya keberadaan mutasi virus corona baru yang berasal dari Inggris, B117. Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengumumumkan hal itu di Jakarta, Selasa (2/3).

‘FooterBanner’


“Kalau satu tahun yang lalu kita menemukan kasus COVID-19 01 dan 02, tadi malam saya mendapatkan informasi, bahwa dalam tepat satu tahun hari ini, kita menemukan mutasi B117 UK mutation di Indonesia. Ini fresh from the oven. Baru tadi malam ditemukan, dua kasus,” ujarnya.

Dua kasus mutasi baru ini, kata Dante, ditemukan dari 462 sampel yang sudah di periksa di seluruh Indonesia. Namun, dia tidak merinci di mana pasien dengan mutasi baru COVID-19 tersebut ditemukan dan dirawat saat ini.

BACA JUGA:  Idul Adha 1442 H, Coca-Cola Europacific Parnerts (CCEP) Indonesia Donasi Hewan Kurban di Jawa-Bali

Dengan ditemukannya mutasi virus tersebut, Dante mengingatkan kepada semua pihak bahwa penanganan pandemi di tanah air ke depan akan semakin berat.

Pemerintah pun ke depan, katanya akan semakin mengembangkan model penanganan pandemi yang lebih baik lagi, serta melakukan proses riset-riset yang semakin cepat.

“Dan studi epidemioligi secara analitik karena proses mutasi ini sudah ada di sekitar kita,” tuturnya. (Sumber: VOA)

Comment