by

Kajian Fiqih ke-IX Asrama Sekolah Islam Athirah Bukit Baruga Bahasa Birrul Walidain

Kajian Fiqih ke-IX Asrama Sekolah Islam Athirah Bukit Baruga Bahasa Birrul Walidain

Smartcitymakassar.com – Makassar. Asrama Sekolah Islam Athirah Bukit Baruga kembali menggelar webinar fiqih bertajuk “Birrul Walidain”. Kegiatan itu digelar secara virtual via aplikasi konferensi video geoogle meeting. Sejumlah 98 siswa mengikuti kegiatan tersebut dari rumah masing-masing, Sabtu (27/2).

Kepala Asrama Sekolah Islam Athirah Bukit Baruga, Ahmad Nafi Wellette, S.Pd.I. menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan program kerja Asrama Sekolah Islam Athirah Bukit Baruga yang sudah menjadi kegiatan rutin. Selain itu, menurut Nafi, webinar itu tidak hanya diperuntukkan bagi siswa, tetapi juga diikuti oleh guru dan karyawan asrama.

‘FooterBanner’


“Jadi ini adalah kegiatan rutin yang kita laksanakan setiap dua pekan sekali dengan tujuan agar siswa bisa diperkaya kembali dengan pengetahuan fiqih,” tutur Nafi.

” Kajian Fiqih ini juga bukan hanya siswa yang mengikuti dengan rutin, tetapi juga guru karyawan Asrama Athirah Baruga”, tambahnya.

Sebagai narasumber tunggal Rahmat Nawir, S.Pd.I.M.Pd.I. Menjelaskan pembahasan Birrul Walidain ini di ambil dari kitab akhlaq Lil Banin karya ulama Umar Bin Ahmad Barajaj. Menurut Rahmat kitab Lil Banin ini mengupas bagaimana peserta didik bisa menumbuhkan akhlaq yang baik dilingkungannya apatahlagi seperti zaman saat ini.

“Kitab ini berisi tentang pendidikan Akhlak atau penanaman karakter yang baik bagi anak terkhusus di usia belajar. Dalam kitab tersebut memuat akhlak kepada Allah dan Rasulnya, kedua orang tua, kepada Guru dan teman sejawat,” tutur Rahmat.

BACA JUGA:  Hadapi UTBK, SMA Islam Athirah Target 2021 Capaian 60% Siswa Masuk PTN

“Di zaman milenial seperti saat ini, di mana media sosial sudah merambah sampai ke generasi pelanjut kita dan terbukanya semua saluran informasi, menjadikan begitu banyak contoh prilaku yang tidak baik yg dapat disaksikan oleh mereka, sehingga akhlak yang baik, budi luhur atau sopan santun itu sudah mulai tergerus,” lanjutnya.

Selain itu ia mengutip sebuah ayat Alqur’an Surah Al-Israa ayat 23-24.

“Dan Rabb-mu telah memerintahkan agar kamu jangan beribadah melainkan hanya kepada-Nya dan hendaklah berbuat baik kepada ibu-bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik. Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, ‘Ya Rabb-ku, sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil”. (Hd)

‘PostBanner’

Comment