by

Dosen ITB Kalla Mendongeng di Hadapan Anak Penderita Kanker

Dosen ITB Kalla Mendongeng di Hadapan Anak Penderita Kanker

Smartcitymakassar.com – Makassar. Jumat (26/2), Mahasiswa dari tiga program studi yaitu kewirausahaan, manajemen retail dan sistem informasi ini bersama dengan sivitas akademika ITB Kalla menyambangi Rumah Singgah Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI), Makassar.

Kedatangan ke YKAKI tersebut dalam rangka silaturahmi dan menjalankan program pengabdian kepada masyarakat ITB Kalla. Kehadiran ITB Kalla membawa pesan kemanusiaan di tengah peringatan Hari Kanker Internasional dan Hari Kanker Anak Sedunia.

‘FooterBanner’


Progran pengabdian ini terdiri dari kegiatan bakti sosial dan juga edukasi nilai-nilai kewirausahaan dalam bentuk dongeng kewirausahaan di hadapan anak-anak penderita kanker.

Andi Tenri Pada, Penanggung Jawab kegiatan mengungkapkan bahwa disamping sebagai bentuk aktif tridarma perguruan tinggi, edukasi melalui dongeng kewirausahaan juga menjadi kegiatan inovatif dosen.

“Selama ini kita menganggap bahwa kewirausahaan itu identik untuk yang sehat saja, padahal nilai-nilai kewirausahaan seperti kerja keras, pantang menyerah, semangat pada hal-hal baru sangat penting ditularkan kepada generasi muda, termasuk pada anak-anak kita yang sementara berjuang melawan kanker. Dongeng salah satu media belajar kreatif dan menyenangkan bagi mereka,” ungkapnya.

Kali ini, Dosen ITB Kalla, Abd.Hakim atau yang familiar dipanggil Dg.Ngalle tampil dengan memukau di hadapan anak-anak membawakan dongeng yang sarat dengan pesan tersebut, kemampuan beliau menyentuh hati masing-masing anak melalui cerita dan permainan alat musik okulelenya diacungi jempol.

“Pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh sivitas akademika ITB Kalla di Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia adalah sebuah bukti betapa pentingnya upaya saling mendukung, memberi semangat dan berbagi hal2 baik. Lewat cerita/dongeng salah satunya, anak2 penderita kanker tampak sangat antusias senang, ceria dan bahagia, menyimak dan menikmati kisah yg ditampilkan, seolah tak tampak bahwa mereka sedang menjalani hidup yg tak biasa karena ada kanker dalam diri mereka. Semoga kegiatan ini dapat menjadi agenda rutin ITBK,” ujar Hakim saat dimintai tanggapan.

BACA JUGA:  Siap Kolaborasi, ITB Kalla Jalin Kerja Sama dengan HIPMI Sulsel

Sejumlah mahasiswa dan dosen pendamping turut serta membersamai pembelajaran dengan melakukan kegiatan nonton film, hand painting, menyanyi.

Kunjungan ITB Kalla disambut hangat utamanya oleh anak-anak penderita kanker dan orang tuanya. Rata-rata mereka berasal dari luar daerah dan menjalani pengobatan kanker ini sampai tahunan.

Pengurus YKAKI Makassar, Nurul (43 tahun) mengungkapkan rasa syukurnya atas kedatangan rombongan ITB Kalla di tempatnya.

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dan apresiasi yang dilakukan oleh ITB Kalla melalui kegiatan ini. Meski di tengah pandemi dan berbagai bencana alam yang melanda tidak membatasi gerak teman-teman untuk berbagi dengan adik-adik. Tentu mereka sangat senang dikunjungi, apalagi setelah mereka menjalani pengobatan kemoterapi yang menguras fisik dan psikologi mereka. Dengan kegiatan bermain, diajak komunikasi hingga tadi ada kegiatan mendongeng tentu saja mereka akan merasa terdukung,” ungkap Nurul.

Kegiatan ini ditutup dengan penyerahan bantuan secara simbolis oleh Tim Dosen ITB Kalla kepada pengurus yayasan. (Hd)

‘PostBanner’

Comment