by

TK Islam Athirah 2 Bukit Baruga Hadirkan Orang Tua Anak Didik sebagai Pembicara Kelas Inspirasi

TK Islam Athirah 2 Bukit Baruga Hadirkan Orang Tua Anak Didik sebagai Pembicara Kelas Inspirasi

Smartcitymakassar.com – Makassar. TK Islam Athirah 2 Bukit Baruga kembali tampil dengan menggelar kelas inspirasi, kali ini melibatkan orang tua anak didik dalam memberikan materi tentang pekerjaan mereka.

Kegiatan yang digelar secara virtual melalu aplikasi zoom meeting selama 2 hari yakni Rabu dan Kamis (24-25/2/2021) ini dihadiri oleh seluruh peserta didik TK Islam Athirah 2 Bukit Baruga mulai dari jenjang kelompok bermain, kelompok A hingga kelompok B yang berjumlah 47 anak serta didampingi oleh orang tua mereka masing-masing.

‘FooterBanner’


Enam orang tua anak didik yang membawakan materi tentang pekerjaan mereka. Ada yang berprofesi sebagai guru, dokter, seniman, nahkoda dan pengelola minyak bumi. Para orang tua menjelaskan pekerjaan mereka disertai dengan gambar dan video animasi yang menarik perhatian anak didik.

Tiga orang tua anak didik berprofesi sebagai guru hadir memberikan materi. Ada yang menjelaskan tentang tugas-tugas guru, ada yang mengajak anak didik bernyanyi menggunakan alat musik gitar dan ada yang membawakan sebuah dongeng.

Dongeng yang dibawakan tentang virus corona dengan face effect yang beragam membuat anak fokus menyimak cerita. Pembawaan ceritanya pun lucu sehingga beberapa kali membuat anak-anak tertawa.

Selain dongeng, salah satu orang tua yang berprofesi sebagai dokter juga menjelaskan mengenai corona virus dengan menampilkan gambar alat-alat kesehatan yang digunakan oleh dokter dan pasien covid. Ia juga berpesan kepada anak-anak untuk tetap menjaga kesehatan.

“Jika teman-teman ingin terhindar dari virus corona maka teman-teman harus makan makanan yang bergizi, tetap mengikuti protokol kesehatakan bila harus keluar rumah seperti masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan,” pesan dr. Ratih ibu dari anak didik TK Islam Athirah 2 bernama Ryu.

BACA JUGA:  Paket Nginap Ramadan dan Santap Sahur dari Wthree Hotel Lagaligo

“Tapi sebaiknya tetap berada di rumah saja yah teman-teman karena tetap berada di rumah jauh lebih jadi kurangi aktivitas di luar rumah yah” tambahnya.

Tidak kalah menariknya lagi, seorang orang tua yang berprofesi sebagai kapten kapal juga memberikan gambaran kepada anak-anak mengenai cara nahkoda berlayar ke laut dan alat-alat apa saja yang dibutuhkan nahkoda untuk mengemudikan kapal dengan aman.

Nahkoda mengemudikan kapal tentunya membutuhkan bahan bakar agar kapalnya bisa berlayar. Nah, salah seorang orang tua yang bekerja di bidang pengelolaan minyak bumi turut memberikan materi mengenai cara mengeluarkan minyak bumi dan gas dari perut bumi.

Setelah semua materi telah disampaikan, pemandu acara memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk bertanya. Tanpa diduga, anak-anak berlomba-lomba mengajukan pertanyaan kritis mereka.

“Apa bedanya guru dan dosen?” tanya Faiqah.

“Apa itu pelampung” tanya aditnya

Itulah segelintir pertanyaan yang membuat para orang tua tersenyum bangga melihat anak-anak mereka sangat kritis.

Saat ditanya mengenai tujuan diadakannya kelas inspirasi ini, kepala TK Islam Athirah 2 Bukit Baruga Rahmawati S.Pd. mengatakan bahwa kelas inspirasi ini bertujuan untuk menstimulus tumbuhnya cita- cita tanpa batas pada diri anak-anak.

“Kelas inspirasi menghadirkan narasumber (kali ini dari orangtua anak didik) bertujuan untuk berbagi ilmu, pengalaman, dan cerita tentang pengalaman kerja yang dialami selama ini dan sebagai motivasi bagi anak didik yang dapat menstimulus tumbuhnya cita- cita tanpa batas pada diri mereka,” jelas Ummi Rahma sapaan akrabnya. (Hd)

‘PostBanner’

Comment