by

Gelar Kelas Inspirasi, SMA Islam Athirah Bukit Baruga Hadirkan WR I Universitas Pertamina

Gelar Kelas Inspirasi, SMA Islam Athirah Bukit Baruga Hadirkan WR I Universitas Pertamina*

Smartcitymakassar.com – Makassar. SMA Islam Athirah Bukit Baruga rutin menggelar kelas inspirasi, yaitu kegiatan menghadirkan para ahli atau profesional untuk berbagi ilmu dan pengalaman. Kali ini, kelas inspirasi menghadirkan Wakil Rektor I Universitas Pertamina, Prof Dr Ir Ichsan Setya Putra. Tujuan kegiatan yaitu membekali siswa-siswi untuk memilih jurusan di perguruan tinggi sesuai dengan potensi masing-masing.

Kelas inspirasi diselenggarakan secara virtual via zoom meeting. Hadir dalam kegiatan secara daring ini, Kepala SMA Islam Athirah Bukit Baruga HM Ridwan Karim SPd MPd, wakil kepala sekolah bidang kurikulum Dr Bakry MSi, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dan IT Abdul Azis SPd MPd, dan Dosen Universitas Pertamina Teuku Mahlil PhD. Turut hadir, beberapa jajaran guru diantaranya Nurhidayanti Juniar SPSi, Bachtiar SE MM, Dra Remizah, dan Ilmaddin SPd.

‘FooterBanner’


Dalam sambutannya, Kepala SMA Islam Athirah Bukit Baruga HM Ridwan Karim SPd MPd berujar, Sekolah Islam Athirah telah beberapa kali menghadirkan Prof Dr Ir Ichsan Setya Putra di dalam forum pertemuan. Kali ini, katanya, SMA Islam Athirah Bukit Baruga mengundang Prof Dr Ir Ichsan Setya Putra untuk menyampaikan informasi terkait masuk ke Universitas Pertamina.

Pihaknya berharap, selama mengikuti kelas inspirasi ini, para siswa mengikutinya dengan baik. “Kita harapkan ananda mendapat banyak wawasan. Ananda supaya bisa mempersiapkan buku catatan dan aktif memberikan respon atau feedback,” ujar HM Ridwan Karim, Rabu (24/2/2021).

BACA JUGA:  Peringati 3rd Anniversary, MDV Hadirkan Online Session dengan Topik 'Potensi Startup Kesehatan di Era New Normal'

Kegiatan diikuti para siswa kelas X dan kelas XI. Jumlah peserta sebanyak 206 orang. Ketua OSIS SMA Islam Athirah Adinda Maharani menjadi moderator kegiatan yang bertema “Motivasi dan Strategi Menentukan Program Studi yang Potensial di Era 4.0”.

Adapun Prof Dr Ir Ichsan Setya Putra di awal materinya, mengajak para peserta didik agar bisa meningkatkan kontrol diri saat belajar. Terutama saat pembelajaran online yang telah berlangsung selama 1 tahun. Saat pembelajaran online, kata Prof Ichsan, guru tidak bisa secara penuh mengontrol kondisi siswa. Guru hanya bisa melihat keadaan siswa melalui layar gadget. Saat belajar secara daring, pilihlah tempat yang kondusif. “Tingkatkan kontrol diri saat belajar online. Perhatian dan fokus sangat penting kita jaga,” kata dosen yang berdisiplin ilmu teknik dirgantara ini.

Lebih lanjut, ia mengatakan dalam belajar yang dikejar bukanlah nilai. Namun, yang dikejar adalah bekal ilmu dari proses belajar itu sendiri. Disamping itu, sebagai pembelajar, penting untuk memiliki cita-cita jangka panjang.

Guru Bimbingan Konseling (BK) SMA Islam Athirah Bukit Baruga Nurhidayanti Juniar SPsi mengatakan, semoga kelas inspirasi ini bisa menjadi salah satu program pemacu agar siswa bisa fokus untuk mencapai apa yang mereka cita-citakan. “Dengan adanya kelas inspirasi, anak-anak ditantang mengekslorasi apa yang menjadi potensi mereka,” ujarnya. (Hd)

‘PostBanner’

Comment