by

Ternyata Trump Pernah Tawari Pemimpin Korea Utara Tumpangan Naik Air Force One Tapi Ditolak

Donald Trump

Smartcitymakassar.com – Donald Trump pernah menawari pemimpin Korea Utara Kim Jong Un untuk pulang naik pesawat Air Force One setelah menghadiri pertemuan tingkat tinggi di Hanoi dua tahun lalu.

Hal itu terungkap dalam dokumenter baru BBC seperti dilaporkan kantor berita AFP.

‘FooterBanner’


Hubungan Kim dan Trump diawali dengan perang kata-kata dan ancaman, sebelum beralih menjadi hubungan diplomatik yang akrab.

Namun, tidak ada kemajuan substantif yang dicapai. Proses itu menemui kebuntuan setelah pertemuan keduanya di Hanoi tak menemui kesepakatan soal keringanan sanksi dan apa yang akan diberikan Pyongyang sebagai imbalannya.

BACA JUGA:  Ribuan Tentara AS Menolak Vaksinasi COVID-19

Menurut dokumenter BBC, “Trump Takes on the World”, presiden AS itu “membuat banyak orang terkejut, bahkan diplomat paling berpengalaman” dengan menawari Kim tumpangan naik Air Force One setelah pertemuan pada 2019 di Vietnam itu.

Apabila Kim menerima tawaran tersebut, maka pemimpin Korea Utara itu dan mungkin beberapa stafnya akan berada di dalam pesawat resmi kepresidenan AS dan memasuki wilayah udara Korea Utara. Hal itu akan menimbulkan benyak isu keamanan.

Kim menolak tawaran tersebut. (Sumber: VOA)

‘PostBanner’

Comment