by

Gempa 7.1 SR Landa Lepas Pantai Fukushima Jepang

Gempa 7.1 SR Landa Lepas Pantai Fukushima Jepang

Smartcitymakassar.com – Gempa berkekuatan 7,1 SR melanda lepas pantai timur Jepang pada hari Sabtu (13/2). Gempa tersebut mengguncang gedung-gedung di Tokyo, tetapi tidak terlihat adanya kerusakan besar dan tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan.

Reuters, Sabtu (13/2), mengutip Badan Meteorologi Jepang, melaporkan pusat gempa berada di lepas pantai prefektur Fukushima pada kedalaman 60 km.

‘FooterBanner’


Gempa terjadi pada pukul 23:08 waktu setempat dan mengguncang gedung-gedung di ibu kota. Penyiar NHK mengatakan tidak ada laporan terkait fasilitas nuklir Tokaimura. Badan Meteorologi mengatakan tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan.

BACA JUGA:  AS Desak China Bantu Atasi Kekerasan Myanmar

Gempa melanda Fukushima hanya beberapa minggu sebelum peringatan 10 tahun gempa yang terjadi pada 11 Maret 2011. Gempa tersebut menghancurkan timur laut Jepang dan memicu tsunami besar yang menyebabkan krisis nuklir terburuk di dunia dalam seperempat abad.

Sebagai salah satu daerah seismik paling aktif di dunia, Jepang sering dilanda bencana gempa bumi. Jepang menyumbang sekitar 20 persen dari gempa bumi berkekuatan 6 atau lebih besar di dunia. (Sumber: VOA)

‘PostBanner’

Comment