by

BBKP Makassar Musnakan Benih dan Bibit dari Berbagai Negara

Balai Besar Karantina Pertanian Makassar saat melakukan pemusnahan bibit dan benih.(As)

Smartcitymakassar.com – Makassar. Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Makassar melakukan kembali pemusnahan media pembawa HPHK / OPTK diruang pemusnahan di jalan Perintis Kemerdekaan. Selasa (8/2/2021).

Kepala BBKP Makassar, Andi Yusmanto menyampaikan, media yang dimusnahkan merupakan media impor dari berbagai negara yang tidak dilengkapi berkas atau pun dokumen.

‘FooterBanner’


“Jadi, media yang kita musnahkan tadi ini sebagian besar tidak memiliki dokumen dengan jenis media benih sayur, benih buah dan benih bunga dari berbagai negara luar”, jelas Andi Yusmanto. Selasa (8/2/2021).

“Dan media tadi itu ada yang berasal dari China, Singapura, Taiwan, Malaysia, Kep. Solomon”, tambah dia.

Lebih lanjut, dirinya menyampaikan jika semua media yang dimusnahkan merupakan barang impor yang dipesan melalui via online yang dikirim melalui Pos.

BACA JUGA:  Ajang Temu Alumi IKATEK Unhas, EMU 2020-2021 Sukses Digelar

Menurut Andi Yusmanto, para pemesan benih – benih ini diduga merupakan orang yang hanya sekedar ‘hobi’ ataukah ingin mencoba hal baru yang belum ada disini (Indonesia).

“Sebenarnya mereka kirim (dari luar masuk Indonesia) dan tidak memiliki dokumen. Dan sesuai undang – undang kita itu dilarang”, ungkapnya dihadapan awak media.

“Dan hampir semua orang yang membawa barang ini belum paham soal peraturan karantina, jadi kita masih tahap sosialisasi”, tutup Andi Yusmanto.(As)

‘PostBanner’

Comment