by

Ini Reaksi Dunia Atas Pelantikan Biden

Joe Biden

Smartcitymakassar.com – Para pemimpin dunia mengucapkan selamat kepada Joe Biden setelah dilantik pada Rabu (20/1) sebagai presiden AS ke-46.

“Ada jauh lebih banyak ruang untuk kesepakatan politik dengan Presiden Biden. Itu jelas hanya dengan melihat keppres yang ia tanda tangani kemarin. Kami akan sekali lagi bekerja sama di Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) dan tentang kesepakatan iklim Paris,” ujar Kanselir Jerman Angela Merkel seperti dikutip dari VOA.

‘FooterBanner’


“Pada waktu yang sama, kami menyadari sepenuhnya, dengan dilantiknya presiden AS yang baru, kami tidak dapat mengharapkan kesepakatan politik penuh dalam segala hal. Joe Biden mewakili kepentingan Amerika. Saya mewakili kepentingan Jerman,” kata Merkel.

Sementara itu, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson memiliki hubungan yang lebih hangat dengan Donald Trump, daripada banyak pemimpin Eropa lainnya. Namun, Johnson mengatakan, Rabu (20/1), ia dan Biden mempunyai banyak kesamaan.

BACA JUGA:  Koalisi Atau Tidak, RTQ: PPP Pastikan Dukung Jika Program Danny-Fatma Pro Rakyat

“Ketika Anda melihat masalah yang menyatukan saya dan Joe Biden, Inggris dan AS sekarang ini, ada agenda bersama yang luar biasa,” kata Johnson.

“Ini adalah hal yang baik bagi Amerika. Ini langkah maju bagi negara yang telah melalui masa sulit.”

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan, “Hari ini adalah awal dari babak baru bagi sekutu transatlantik. Saya berharap dapat bekerja sama dengan Presiden Biden dan menyambutnya dalam KTT NATO di Brussel akhir tahun ini. Fokus kami, NATO 2030, inisiatif untuk membuat aliansi kuat kami semakin kuat dan cocok untuk masa depan.” (Sumber: VOA)

‘PostBanner’

Comment