by

Gojek dan PMI Makassar Gelar Donor Darah

Keterangan Foto: Dr. H. Syamsu Rizal Effendi, M.Si selaku Ketua PMI Cabang Makassar

Smartcitymakassar.com – Makassar. Sebagai aplikasi karya anak bangsa yang memiliki komitmen untuk senantiasa memberikan dampak sosial seluas-luasnya kepada masyarakat, Gojek bersama mitranya kembali berkolaborasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Makassar dengan mengadakan donor darah. Kegiatan ini dilakukan atas inisiatif dari Mitra Gojek Makassar untuk membantu kesulitan PMI dalam memenuhi kebutuhan darah masyarakat yang meningkat selama pandemi.

Pada masa pandemi ini jumlah pendonor berkurang akibat masyarakat merasa takut untuk ke ruang publik untuk mendonorkan darahnya. Sebelum pandemi, kebutuhan kantong darah Kota Makassar kurang lebih sebanyak 100 kantong darah per hari. Namun sekarang ini, jumlahnya menurun drastis sebanyak 80% kantong darah per harinya sedangkan kebutuhan kantong darah di Makassar meningkat 200-250 kantong darah per harinya.

‘FooterBanner’


Hal ini yang mendorong Gojek Makassar beserta mitranya untuk bertindak aktif memberikan bantuan dengan mengadakan inisiatif donor darah yang dilaksanakan di Kantor PMI yang berada di jalan Kandea No.16, Makassar. Ratusan Mitra Gojek Makassar hadir dan melakukan donor darah secara bergiliran sesuai dengan waktu yang ditentukan serta mengikuti protokol kesehatan J3K (Jaga Kesehatan, Kebersihan dan Keamanan).

Dr. H. Syamsu Rizal Effendi, M.Si selaku Ketua PMI Cabang Makassar mengatakan, “Kolaborasi antara Gojek dan PMI ini merupakan kerjasama lanjutan yang sebelumnya sudah dilakukan. Kami percaya bahwa Mitra Gojek di Makassar memiliki jiwa kemanusiaan yang tinggi. Dengan kegiatan yang dilakukan pada hari ini, kami sangat terbantu dalam memenuhi kebutuhan darah masyarakat.”

Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari inisiatif yang telah dilakukan oleh Mitra Gojek Makassar yang tergabung dalam Duta Relawan PMI yang bernama Gojek Makassar Blood Volunteer pada September 2019 lalu. Gojek Makassar Blood Volunteer ini membantu PMI dalam memetakan jenis golongan darah yang ada di masyarakat beserta lokasinya. Selain itu, tim ini juga memfasilitasi masyarakat untuk melakukan donor darah sebagai persediaan bank darah PMI maupun kebutuhan rumah sakit di Makassar.

Dr Syamsu yang lebih dikenal dengan sapaan Daeng Ical juga menambahkan “Kami juga mengajak masyarakat untuk mengikuti jejak yang dilakukan oleh Mitra Gojek Makassar serta meluruskan persepsi masyarakat terkait penularan COVID-19 tidak melalui transfusi darah. Saya tekankan lagi, penularan COVID-19 hanya terjadi melalui droplet dan hal ini dibuktikan melalui riset yang dilakukan oleh WHO.”

BACA JUGA:  Ini Alasan DPRD Kota Makassar Terapkan WFH

Apresiasi PMI Pusat untuk Gojek Makassar

Dalam kesempatan yang sama, Gojek Makassar juga menerima piagam penghargaan dari Ketua Umum PMI Jusuf Kalla yang diwakilkan oleh Dr. Syamsu Rizal Effendi MI selaku Ketua PMI Cabang Makassar. Penghargaan ini diserahkan kepada District Head Gojek Makassar Adwin Pratama Anas didampingi tim Gojek Makassar Blood Volunteer. Gojek Makassar dinilai telah memberikan kontribusi yang positif selama ini dan tidak segan-segan untuk membantu masyarakat yang mengalami kesusahan serta bencana.

Adwin Pratama Anas selaku District Head Gojek Makassar mengatakan “Kami berterima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh PMI Pusat kepada Gojek Makassar, hal ini kami lakukan atas dasar nilai kemanusiaan. Dan kami berharap inisiatif yang dilakukan secara bersama-sama ini dapat menguatkan satu sama lain dalam menghadapi pandemi COVID-19.”

“Hal ini juga bukan pertama kalinya dilakukan, tahun-tahun sebelumnya Gojek juga telah melakukan berbagai kerjasama dengan PMI Makassar dalam pendistribusian bantuan kemanusiaan dan relawan kesehatan saat terjadi bencana, diantaranya Gempa Palu dan Donggala, Banjir Bandang Sulawesi Selatan dan beberapa kota lain di Indonesia. Gojek selalu bangga dengan para mitra-mitranya yang berjiwa sosial tinggi serta memiliki inisiatif untuk membantu terhadap sesama, termasuk dengan melakukan donor darah pada hari ini.”

Di kesempatan yang berbeda, Mulawarman selaku Head of Regional Corporate Affairs Gojek Indonesia Timur mengatakan, ”Kami melihat mitra kami selalu sigap tanpa pamrih untuk membantu masyarakat. Inilah yang menjadi motivasi kami untuk terus berinovasi memberikan dampak sosial bagi masyarakat bersama para mitra Gojek sebagai jantung dari ekosistem kami,” tutup Mulawarman**(Jen)

‘PostBanner’

Comment