by

Berbicara PSBB, Pengamat: Pemerintah Harus Total, Sembako Harus Bernutrisi dan Cukup Selama PSBB

Pengamat Sosial Universitas Megarezky Makassar, Dr H.Syamsunie Carsel HR M.Pd.(As)

Smartcitymakassar.com – Makassar. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar meminta Pemerintah Kota (Pemkot) siap hadapi penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Sebelumnya, Presiden RI, Joko Widodo menginstruksikan agar seluruh daerah melakukan PSBB pada tanggal 11 Januari 2021, mendatang.

‘FooterBanner’


Maka dari itu, Dewan meminta kepada Pemkot Makassar agar bantuan untuk masyarakat sudah bisa disalurkan sebelum penerapan PSBB.

Menanggapi hal tersebut, Pengamat Sosial Universitas Megarezky (Unimerz) Makassar, Dr H.Syamsunie Carsel HR M.Pd atau yang kerap disapa Carsel ini sangat apresiasi sikap DPRD Kota Makassar.

Menurut Carsel, harusnya pemerintah memberikan bantuan tersebut sebelum penerapan PSBB di Kota Anging Mammiri ini.

“Benar itu dek, sebelum itu (PSBB) berlaku, harus sembako / bantuan untuk masyarakat sudah dibagikan. Artinya begini, biar masyarakat bisa legah jalani pembatasan nanti”, jelas Carsel. Sabtu (9/1/2021).

Akan tetapi, warga kelahiran Jeneponto ini mengingatkan agar dalam PSBB kali ini, pemerintah harus lebih total lagi dan lebih tegas.

BACA JUGA:  Keluarkan Edaran Baru, Pemkot Makassar Perpanjang Aktivitas Usaha Hingga Pukul 22.00 Wita

Pasalnya, Carsel melihat jika PSBB yang sebelumnya dilakukan di Kota Daeng ini dinilai gagal menekan penyebaran Covid-19 secara meluas.

“Kali ini, pemerintah kita sebaiknya lebih tegas lagi dan harus total. Pemerintah harus belajar dari PSBB sebelumnya, jangan menggunakan pola yang sama”, ungkap dia.

Bahkan, Carsel menyinggung soal pembatasan waktu yang saat ini dilakukan oleh pemerintah Kota Makassar. Menurut dia, virus ini (Covid-19) tidak mengenal waktu.

Disinggung kembali soal sembako, Carsel berharap sembako / bantuan tersebut sudah bisa dibagikan ke masyarakat sebelum PSBB diberlakukan.

Selain itu, dia meminta pemerintah memberikan sembako / bantuan yang bisa meningkatkan imunitas masyarakat. Pasalnya, bantuan sebelumnya kutang bernutrisi.

“Dan ingat juga, sembako tersebut bisa di pergunakan selama PSBB berlangsung, jangan baru beberapa hari itu (sembako) sudah habis, artinya disini pemerintah tidak total”, pungkas Carsel.(As)

‘PostBanner’

Comment