by

Ingat! Ini Daftar Ponsel yang Tidak Bisa Akses WhatsApp Tahun 2021

WhatsApp (ilustrasi)

Smartcitymakassar.com – Mulai tanggal 1 Januari 2021, aplikasi pesan WhatsApp tidak bisa diakses melalui beberapa jenis ponsel. Hal ini disebabkan karena WhatsApp sudah tidak kompatibel pada sistem operasi Android atau iOS yang sudah lama.

Dilansir Entrepreneur, WhatsApp melakukan pembaruan pada sistem operasi dan aplikasi agar tetap mutakhir. Aplikasi WhatsApp hanya akan kompatibel dengan ponsel yang menjalankan sistem operasi Android 4.0.3 atau yang lebih baru sedangkan pada iPhone yang menjalankan iOS 9 dan yang lebih baru.

‘FooterBanner’


Para pengguna Android yang tidak kompatibel harus melakukan upgrade ke Android 4.0.3 untuk terus menggunakan WhatsApp. Namun, ada sistem Android yang tidak bisa melakukan upgrade sehingga aplikasi WhatsApp tidak bisa digunakan lagi di antaranya ponsel HTC Desire, LG Optimus Black, Motorola Droid Razr dan bahkan Samsung Galaxy S2. Untuk iPhone, tipe iPhone 4 dan model sebelumnya tidak bisa lagi mendukung penggunaan aplikasi WhatsApp. iPhone 4S, iPhone 5, iPhone 5C, iPhone 6, dan iPhone 6S harus memperbarui sistem operasinya ke iOS 9 atau yang lebih baru karena iOS 8 dan sebelumnya tidak akan kompatibel lagi untuk WhatsApp.

BACA JUGA:  Communivation ke-15 Angkat Topik 'Masa Depan Inovator Muda Kota Daeng: Membangun Makassar dengan Silicon Valley Mindset'

Sedangkan jenis iPhone 6S, iPhone 6S Plus, dan iPhone SE generasi pertama merupakan tipe iPhone terakhir yang bisa melakukan upgrade ke versi terbaru iOS 14 yang baru dirilis. Pengguna jenis ponsel pintar yang tidak lagi mendukung penggunaan WhatsApp dan tidak bisa upgrade ke versi sistem operasi yang mendukung harus mengganti ponsel pintar yang digunakan. Pengguna ponsel Android maupun iPhone harus mengetahui tipe Android dan iOs yang digunakan agar terus bisa menggunakan aplikasi WhatsApp.

Untuk itu WhatsApp menawarkan cara untuk mengetahui tipenya. Seperti dilansir India Today berikut adalah cara untuk mengetahui tipe iOS yang digunakan pada iPhone: Klik Setting lalu pilih general. Kemudian klik About.

Tipe atau versi iOS akan muncul di layar ponsel. Untuk pengguna Android, cara untuk mengetahui tipe atau versi android yang terdapat pada ponsel yaitu sebagai berikut:

– Klik Pengaturan

– Kemudian pilih About System/Abouts Phone/Abouts Device

– Tipe Android akan muncul di layar gadget. (Aan)

‘PostBanner’

Comment