by

Polres Kepulauan Selayar Gelar Apel Pasukan untuk Operasi Lilin Pengamanan Natal dan Tahun Baru

Polres Kepulauan Selayar Gelar Apel Pasukan untuk Operasi Lilin Pengamanan Natal dan Tahun Baru

Smartcitymakassar.com – Selayar. Kepolisian secara serentak akan melaksanakan operasi Operasi Lilin 2020 menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021.

Kegiatan ini akan dilaksanakan di seluruh Indonesia mulai 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021

‘FooterBanner’


Apel gelar pasukan yang di laksanakan Polres kepulauan Selayar yang dihadiri Forkopimda dan peserta Apel terdiri dari Kirim 1415, BKO Brimob, Sat Pol PP Damkar, Basarnas dan Personil polres kepulauan Selayar Senin 20 Desember 2020 dilapangan Apel Mapolres kepulauan Selayar.

Bupati kepulauan Selayar yang diwakili oleh Sekda DR. Ir, Marjani Sultan M.Si sebelum membacakan amanat Kapolri menyampaikan ucapan terima kasih kepada Polres Kepulauan Selayar dan jajaran serta Kodim 1415 Selayar atas pelaksanaan pengamanan Pilkada Bupati dan wakil bupati kepulauan Selayar yang aman dan lancar dan partisipasi pemilih Kepulauan selayar adalah yang tertinggi di Sulawesi Selatan.

Adapun penekanan Kapolri untuk dipedomani guna mendukung keberhasilan dalam paksanaan tugas yang dibacakan oleh pimpinan apel bahwa pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa sehingga menjadikan kita cenderung under estimate dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat apalagi dimasa pandemi Covid 19.

Kita harus lebih peduli, jangan sampai kegiatan perayaan natal dan tahun baru menimbulkan klastet baru penyebaran covid-19.

Berdasarkan mapping kerawanan yang telah dilakukan, ada beberapa prediksi gangguan Kamtibmas yang harus kita antisipasi antara lain ancaman terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan Narkotika, pesta miras, aksi perusakan fasilitas umum dan aksi kriminal lainnya dan juga berbagai pelanggaran lalu lintas berupa balapan liar dan kecelakaan lalulintas serta ancaman bencana alam, Banjir, tanah longsor sebagai dampak dari musim hujan.

BACA JUGA:  Tidak Hanya Ancam Dunia Pendidikan, KKB Teror Dunia Penerbangan Di Papua

Kapolres kepulauan Selayar AKBP Temmangnganro Machmud, S.IK, MH. Menghimbau kepada warga masyarakat agar mengindari kerumunan, tidak melaksanakan pawai kendaraan, balapan liar, dan kegiatan kumpul kumpul, pesta miras, penyalahgunaan Narkotika yang dapat memicu kerawanan bagi warga yang beragama Nasrani yang melaksanakan Ibadah Natal agar tetap mematuhi protokol kesehatan covid-19 .

Ia juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar mewaspadai bencana alam dimana saat ini sudah masuk musim barat angin kencang dan ombak yang tinggi serta musim hujan yang bisa berdampak banjir dan tanah longsor.

Mengenai hal tersebut, Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Ibrahim Tompo S.I.K, M.Si di Makassar, mengatakan, penularan COVID-19 masih terjadi dan angkanya kembali cenderung meningkat beberapa waktu ini.

“Tidak ada izin keramaian dan kami pasti akan membubarkan jika ada kerumunan karena itu berpotensi menukarkan COVID-19,” ujarnya.

Dia mengatakan, angka penyebaran virus corona di Sulawesi Selatan khususnya di Makassar saat ini masih mengalami peningkatan.

“Kami pastikan segala bentuk keramaian, perizinan untuk malam tahun baru, misalnya, tidak akan dikeluarkan Polda Sulsel,” katanya.

Karena itu, dia meminta agar masyarakat tidak berpesta dalam perayaan natal dan tahun baru. Masyarakat diminta tidak berkumpul yang memicu terjadinya kerumunan.

“Alangkah lebih berbahagia kalau membuat kegiatan di rumah saja, kumpul bersama keluarga dan bermunajat,” ucapnya. (Hd)

‘PostBanner’

Comment