by

8 Karya Terbaik Sulawesi, Siap Berkompetisi di Anugerah Jurnalistik Pertamina Tingkat Nasional

Keterangan Foto: Malam penganugerahan Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) Teritorial Sulawesi

Smartcitymakassar.com – Makassar. Pertamina Regional Sulawesi pada Selasa (15/12) malam menyelenggarakan malam penganugerahan Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) Teritorial Sulawesi yang dilakukan secara daring diikuti oleh insan media se-Sulawesi.

Pada malam penganugerahan tersebut, turut hadir Executive GM Pertamina Regional Sulawesi, Rama Suhut, VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fajriyah Usman, Pemimpin Umum Tribun Timur Andi Suruji selaku Ketua Dewan Juri, Pimpinan Redaksi Tribun Timur, Thamzil Thahir, Pimpinan Redaksi Harian Fajar, Arsyad Hakim, Pimpinan Redaksi Koran Sindo Makassar, Hatta Sujatmin, Kepala Biro LKBN Antara Sulsel, Anwar Maga, Kepala Biro TV One Makassar, H. Muh. Takbir SH, Manager Bisnis Indonesia Perwakilan Makassar, Amri Nur Rahmat serta Kontributor CNN Indonesia dan Metro TV.

‘FooterBanner’


Kegiatan Anugerah Jurnalistik Pertamina hadir sebagai ajang unjuk kebolehan jurnalis dalam meramu informasi yang padat, lugas dan berimbang ihwal kehadiran energi untuk masyarakat khususnya terkait Pertamina. Pada tahun ini, ajang apresiasi media yang diselenggarakan oleh Pertamina, pertama kalinya memberlakukan konsep teritorial, dimana nantinya setiap juara pada setiap kategori dari seluruh Indonesia akan berkompetisi memperebutkan posisi terbaik pada Final AJP Tingkat Nasional.

Di tingkat teritorial Sulawesi sendiri insan pers sangat antusias mengikuti ajang ini, meskipun dalam keterbatasan pandemi, terkumpul 235 karya dari insan pers se-Sulawesi yang memberitakan seputar bisnis hulu hingga hilir Pertamina, mulai dari pemberitaan wilayah geothermal PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) di sektor hulu serta di sektor hilir, Pertamina Regional Sulawesi yang berperan mengelola operasional BBM dan LPG dari Fuel Terminal / Depot LPG hingga produk BBM dan LPG bisa diterima dan diakses masyarakat melalui SPBU, Agen LPG, Pangkalan LPG, Pertashop, dan lain sebagainya.

Selain kegiatan operasional bisnis, kategori non-operasional seperti Publikasi Program Corporate Social Responsibility dan Program Kemitraan menjadi salah satu kategori yang diangkat pada ajang ini.

Pada proses seleksi penentuan karya pemenang, Pertamina melibatkan Dewan Juri dari berbagai kalangan dan tentunya memiliki kemampuan mumpuni di bidangnya, diantaranya Andi Suruji, pimpinan utama Tribun Timur sebagai Ketua Dewan Juri AJP Teritorial Sulawesi dan Riza Primadi, senior wartawan dan praktisi komunikasi sebagai Dewan juri lainnya.

Andi Suruji mengatakan terimakasih telah diberi kepercayaan menjadi dewan juri AJP Teritorial Sulawesi dan berharap ajang ini terus meningkat kualitasnya untuk kebaikan Pertamina, Masyarakat dan Media. “Mudah-mudahan tahun depan, jurnalis meningkatkan mutu tulisannya dan perlu mencari pola – pola yang baru untuk menulis karya jurnalistik yang menginspirasi banyak orang. Ini hal yang perlu didorong, Inisiatif – inisiatif di level bawah itu perlu di apresiasi. Sebab jika orang di dunia semua meninggal hanya jurnalis lah yang masih hidup melalui karya karyanya,” terangnya.

Sementara itu, Executive GM Pertamina Regional Sulawesi, Rama Suhut mengatakan Pemerintah dalam mengemban amanah menyalurkan energi kepada masyarakat, peran stakeholder tidak dapat terhindarkan. Kolaborasi, Strategi Inisiatif dan Inovasi diperlukan untuk dapat menghadirkan energi hingga ke pelosok negeri.

“Kita ketahui bersama semenjak reformasi, 4 Pilar Pembangunan Nasional adalah Pemerintah, Masyarakat, Dunia Usaha dan Media. Sehingga kesemua pilar tersebut harus bersinergi untuk mewujudkan kedaulatan energi yang menjadi cita-cita bangsa dan negara tercinta ini,” tuturnya.

BACA JUGA:  Laga Persahabatan dengan Tim Veteran PSM, Danny Perkuat Tim Wali Kota

Akhirnya pada malam penganugerahan, telah diumumkan 23 karya jurnalistik dari 8 kategori yang menerima penghargaan AJP Teritorial Sulawesi. Berikut Daftar Pemenang AJP 2020 Teritorial Sulawesi :

Kategori Hardnews Media Cetak
Juara 1 : Wahyu Shalihin (Harian Radar Makassar), “Peningkatan Pelayanan di Tahun 2020, Pertamina Target 414 SPBU di Sulawesi Didigitalisasi”
Juara 2 : Suprianto (Harian Rakyat Sultra), “Pertamina Dorong Penggunaan Kartu Kendali LPG 3 Kg”
Juara 3 : Abadi Tamrin (Harian Fajar), “Kualitas Pertamax, Harga Premium – Pakar: Pertamina Pasti Bisa”

Kategori Features Media Cetak
Juara 1 : Suwarny Dammar (Koran Sindo Makassar), “Komitmen Melayani Negeri – Pandemi, Pertamina Andal Layani Konsumen Diperbatasan Filipina”
Juara 2 : Claysius Clay Lalamentik (Koran Sindo Manado), “Hadirkan Energi Di Soa Tabe Serei”
Juara 3 : Ayurahmi Rais (Harian Manado Post), “PGE Lahendong ‘Terangi’ 369.232 Warga Sulut – Terus Berinovasi, Tulus Melayani, Penuh Kontribusi”

Kategori Feature Media Online
Juara 1 : Hilda Margaretha (sulutreview.com), “Sonya Noya, Penjual Kue Keliling Bangga Pakai Pertamax Turbo”
Juara 2 : Andi Nurhikmawati (bacapesan.com), “Asa Sopir Tangki Pertamina, Lalui ‘Jalur Maut’ Demi Salurkan BBM Hingga Pelosok”
Juara 3 : Marwiah Syam (beritapedoman.com), “Asa Dibalik Perjuangan Pertamina Mewujudkan Energi Berkedaulatan”

Kategori Features Radio
Juara 1 : Rubianty Sudikio (Raz FM), “Pantang Mundur Dalam Pelayanan di Tengah Pandemi Covid-19”
Juara 2 : Mohamad Basir (Radio Fajar Makassar), “Pinky Movement”

Kategori Features TV
Juara 1 : Jimmy Waterson Dapar (Kompas TV Manado), “Kehadiran Pertashop Bantu Ekonomi Nelayan”
Juara 2 : Yannemieke Singal (Kompas TV Manado), “”Green Energy” PLTP Lahendong Sokong Kelistrikan Sulut-Gorontalo”
Juara 3 : Steven Stevi Potabuga (SCTV Manado), “Pertashop Pertama di Sulawesi Bantu Warga Pelosok”

Kategori Foto Essay
Juara 1: Maman Sukirman (Koran Sindo Makassar), “Pertamina Jamin Stok BBM-LPG Aman”
Juara 2 : Ardiansyah Bandoe (Fajar.co.id), “Melayani Pembayaran Non Tunai, Aplikasi My Pertamina Andalan di Masa Pandemi”
Juara 3 : Muchtamir (Sindonews.com), “Pertamina dan Penyintas Banjir Bandang Masamba”

Kategori Publikasi Corporate Social Responsibility (CSR)
Juara 1 : Amanda Komaling (Metro TV), “Berkarya Tanpa Bicara”
Juara 2 : Hilda Margaretha (sulutreview.com), “Satukan Energi Menembus Keterbatasan, Kisah Tentang Kaleb”
Juara 3 : Suwarny Dammar (Koran Sindo Makassar), “Pertamina Dukung Disabilitas Meretas Batas Meraih Asa”

Kategori Publikasi Program Kemitraan
Juara 1 : Yoel Yusvin (MNC Media), “UMKM Binaan Pertamina Garda Terdepan Melawan Covid 19”
Juara 2 : Suwarny Dammar (Koran Sindo Makassar), “Dari Kalosi, Pertamina Bangkitkan Kopi Sulsel Hingga ke Mancanegara”
Juara 3 : Sukmawati Ibrahim (tribunnews.com), “Didukung Pertamina, Bisnis Menjahit Fitriya Asri Hingga ke Negeri Jiran”

Pertamina memberikan hadiah senilai Rp7 juta untuk juara pertama, Rp5 juta untuk juara kedua dan Rp3 juta untuk juara ketiga. Setiap juara pertama pada tiap kategori akan berkompetisi pada AJP Tingkat Nasional yang akan diumumkan pada 19 Desember 2020 pada website ajp.pertamina.com**(Jen)

‘PostBanner’

Comment