by

Jelang Pilwali Makassar, Pengamat: Pilih Calon yang Programnya Terukur dan Bukan Hanya Bualan Semata

Muh Saifullah

Smartcitymakassar.com – Makassar. Jelang hitungan hari Pemilihan Walikota (Pilwali) Makassar yang digelar 9 Desember 2020 mendatang, dinamika politik kota Makassar semakin memanas. Hal tersebut ditandai dengan semakin kencangnya para kandidat pasangan calon (paslon) beserta tim pemenangan dan para relawan memainkan isu-isu untuk meraih suara.

Menanggapi hal tersebut, pengamat politik dari Pusat Kajian Politik dan Kebijakan Publik (PKPK) Muh. Saifullah mengatakan dinamika politik seperti itu sangat wajar.

‘FooterBanner’


“Intinya adalah adu strategi dan taktik dalam merebut simpatik pemilih”, ujarnya saat dihubungi via WhatsApp, Senin (30/11).

Namun yang harus menjadi perhatian para pemilih saat ini, lanjutnya, adalah mencermati visi misi yang tertuang dalam berbagai program-program yang ditawarkan kepada warga.

“Saya intens mengikuti dua kali debat kandidat sebelumnya dan mempelajari program yang ditawarkan ke empat Paslon yang ada. Seperti pada umumnya semua visi-misi dan program yang ditawarkan baik semua. Persoalannya apakah program tersebut terukur, solutif dan bisa diimplementasikan dalam sebuah sistem”, ujarnya.

BACA JUGA:  Jelang Pelantikan Biden, Pengamanan Gedung Capitol Diperketat

Di sanalah, kata Muh Saiful yang menjadi pembeda dan bisa diukur apakah hal ini hanya sekadar bualan janji pemikat atau memang program ini telah didesain dengan komprehensif dan holistik sehingga tingkat keberhasilannya mampu dianalisa.

“Misalnya program penghapusan pajak atau meniadakan retribusi sampah. Saya pikir ini hanya janji dan bukan program yang terukur daya implementatifnya. Karena kebijakan semacam ini harus melalui penggodokan yang sangat mendalam apakah bisa diterapkan serta tidak melanggar rambu-rambu peraturan yang ada”, ujarnya.

Dengan demikian, kata Saiful, pemilih memang harus diedukasi dengan baik agar mampu memilah dan memilh mana janji pemikat, mana program yang terukur.

“Ya, kita harus pandai-pandailah memilih”, pungkasnya. (Hd)

‘PostBanner’

Comment