by

SMA Islam Athirah Bone Luncurkan Program Sukses UTBK, Begini Harapan Kepala Sekolah

SMA Islam Athirah Bone Luncurkan Program Sukses UTBK, Begini Harapan Kepala Sekolah

Smartcitymakassar.com – Bone. Pandemi tidak menyurutkan semangat warga Sekolah Islam Athirah Bone untuk terus berinovasi. Kondisi tersebut justru selalu dimanfaatkan untuk mengadakan program-program baru yang bernilai positif.

Beberapa hari lalu tepatnya Ahad, 25 Oktober 2020 pukul 13.30 WITA, SMA Islam Athirah Bone meluncurkan sebuah program yang dikhususkan untuk kelas XII. Program tersebut dinamakan sukses UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer). Program itu diadakan untuk mewadahi kelas XII dalam mempersiapkan diri melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. Meski pelaksanaan UTBK masih terbilang cukup lama, namun prinsipnya adalah lebih cepat lebih baik. Persiapan akan lebih matang dengan persiapan yang lebih awal.

‘FooterBanner’


Acara peluncuran tersebut digelar secara virtual yang dihadiri oleh seluruh guru karyawan Sekolah Islam Athirah Bone, kelas XII, dan beberapa orang alumni. Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Alqur’an dan sari tilawah oleh siswa kelas XII lalu dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala SMA Islam Athirah Bone, Syamsul Bahri, S.Pd.I.

Dalam sambutannya, ia mengimbau agar alumni senantiasa menjadi pendamping bagi adik-adiknya dalam mempersiapkan diri. Ia juga berharap agar alumni bisa berbagi pengalaman terkait dengan perjuangan masuk perguruan tinggi. Selain itu, Syamsul juga memberi tantangan kepada alumni agar program sukses UTBK ini bisa menjadi cikal bakal terbentuknya sebuah bimbingan belajar yang diprakarsai oleh alumni Sekolah Islam Athirah Bone.

Dalam program tersebut, alumni memang memegang amanah yang cukup besar. Mereka diberi tanggung jawab untuk mengajar adik-adiknya. Alumni yang tergabung sebagai pengajar adalah mereka yang memiliki kemampuan cukup berdasarkan capaian di sekolah semasa jadi siswa dan juga capaian di kampusnya saat ini.

BACA JUGA:  Polres Luwu Timur Kembali Melaksanakan Ops Yustisi Disipilinkan Warga

Adapun kelas XII selaku peserta, mereka dibagi ke dalam kelas-kelas kecil. Jurusan IPA dan IPS masing terbagi ke dalam tiga kelas. Mereka mengikuti pembimbingan setiap hari dengan durasi 1,5 jam tiap mata pelajaran yang diujikan dalam UTBK. Pembimbingan yang akan didapatkan berupa tips dan trik menjawab soal UTBK, informasi seputar dunia kampus, jalur masuk perguruan tinggi di dalam dan luar negeri, dan segala hal yang terkait perkuliahan.

“Harapannya melalui program ini yang terlaksana cukup awal, kelas XII bisa memiliki persiapan yang matang dan kelak nantinya mereka bisa masuk ke perguruan tinggi terbaik yang ada di dalam negeri maupun luar negeri,” ujar Syamsul yang juga menjabat sebagai Wakil Direktur Sekolah Islam Athirah Wilayah 3 Bone.

Program sukses UTBK yang menggandeng para alumni terbaik ini merupakan kali pertama akan diadakan. Hal ini karena siswa tidak lagi mengikuti ujian akhir nasional sehingga waktu yang ada bisa dimanfaatkan sebagai persiapan memasuki kampus impian.

“Ananda kelas XII semoga kalian bisa mempersiapkan diri dengan baik. Miliki motivasi, daya juang, dan ketahui pula cara berjuang. Sebaik apapun proses yang ada jika kalian tidak mengikutinya dengan baik, hasil yang dicapai juga tidak akan maksimal,” ucap Syamsul di tengah-tengah sambutannya.

Pada penghujung acara, beberapa alumni menyampaikan kisah perjuangannya dalam meraih kampus yang didambakan. Mereka juga mengurai kiat-kiat yang sering dilakukan selama masih sebagai siswa dalam usahanya melanjutkan pendidikan sebagaimana yang diinginkannya. Semua hal itupun menjadi penutup yang manis dan memberi inspirasi bagi siswa kelas XII. (Hd)

‘PostBanner’

Comment