by

Soal Netralitas ASN di Pilwalkot, Bawaslu Makassar: Tenaga Kontrak pun Kami Proses

Keterangan: Ilustrasi Aparatur Sipil Negara (ASN) / foto: Int.

Smartcitymakassar.com – Makassar. Upaya Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Makassar dalam mengawasi segala bentuk kecurangan di Pemilihan Wali Kota Makassar terus dilakukan.

Salah satunya adalah soal keterlibatan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam politik praktis untuk memenangkan salah satu Pasangan Calon Wali Kota Makassar 2020.

‘FooterBanner’


Ternyata, bukan hanya untuk ASN yang merupakan pelayan masyarakat. Tenaga kontrak pun yang terlibat dalam politik praktis akan diproses.

“Benar dik, kami akan tetap proses seperti ASN. Cuma bedanya, kalau kontrak langsung dengan Pj Wali Kota,” ujar Komisioner Bawaslu Makassar Divisi Penindakan Sri Wahyuni memalui WhatsApp, Jumat (25/9/2020).

Menurut Sri, sapaan akrabnya, sikap itu dilakukan setelah Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar mengeluarkan edaran terkait netralitas tenaga kontrak atau jasa pendukung SKPD.

Selain itu, Sri menyampaikan, pasca penetapan calon, ada beberapa saat ini yang masih ditelusuri oleh Panwascam.

BACA JUGA:  Supra Menampik Informasi Soal Ide Insentif Rp 1 Juta bagi Ketua RT RW di Makassar Bukan dari Danny Pomanto

“Yakni, Panwascam Ujung Tanah Panakkukang, dan Tallo. Dan di sini ada tiga kasus yang masih kami telusuri di lapangan,” beber Sri.

“Soal nama dan jenis pekerjaannya nanti kita sampaikan setelah mereka dimintai keterangan (klarifikasinya). Intinya, ketiga ini ada ASN dan ada tenaga kontrak, dan untuk dugaan pelanggarannya ada yang mem-posting kandidat, ada yang ikut menemani paslon, dan ada yang me-like kandidat tertentu,” ungkap Sri lagi.

Sebelumnya, Bawaslu Makassar juga telah mengeluarkan rekomendasi ke KASN terhadap temuan pengawas atas dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh ASN. Hal itu disampaikan sendiri oleh Ketua Bawaslu Makassar, Nursari.

“Kami sudah keluarkan rekomendasi atas temuan kami. Soal sangsi, nanti KASN yang tentukan,” jelas Nursari.** (As)

‘PostBanner’

Comment