by

GMMP Sulsel Kecam Tindakan Represif Aparat di Makassar

Bentrokan mahasiswa dan aparat (ist)

smartcitymakassar.com – Makassar. Pembubaran massa aksi dari berbagai aliansi Gerakan Rakyat Makassar pada Hari Tani Nasional 2020 yang Diwarnai Provokasi dan Tindak Kekerasan Aparat di depan DPRD Provinsi Sulsel,Kamis (24/09/2020)

Dalam demontrasi tersebut dikabarkan ada yang ditangkapi, dipiting, diseret di aspal dan dikeroyok dengan cara dipukul dan ditendang.

‘FooterBanner’


Ketua Umum Garuda Muda Merah Putih (GMMP) Sulsel Muh.Qadri turut mengecam tindakan represif tersebut

“Saya mengutuk keras tindakan aparat yang membubarkan massa aksi tadi dengan cara-cara represif hingga melukai beberapa teman akstifis” tegas Qadri

Ia menambahkan seharusnya aparat penegak hukum mengedepankan cara-cara humanis

“harusnya para aparat yang ditugaskan dilapangan dalam mengamankan aksi demontrasi mengedepankan cara-cara yang lebih humanis, dan saya yakin tindakan represif tersebut akan memancing gelombang massa yang lebih besar”tutupnya

Pada pukul 14.40 wita massa aksi masih melakukan orasi sembari membuat simpul barisan.

BACA JUGA:  Dapat Inspirasi dari Keluarga, Christine Buka Bisnis Makanan

Tak berselang lama, tiba-tiba satuan polisi, maju dan menangkapi satu per satu massa aksi yang berada dalam kumpulan massa aksi Gerakan Rakyat Makassar. Mereka yang ditangkap seolah telah ditarget, karena polisi sudah bersiap-siap sejak awal bahkan tanpa memberikan himbauan sebelumnya.

Mereka lalu dimasukkan ke dalam mobil Jatanras, Avanza putih dan truk polisi sebelum kemudian dibawa ke Polrestabes Makassar. Massa aksi yang mengikuti kawannya yang ditangkapi ikut dikejar (diburu) dipukul dan ditangkapi.

Di antara mereka terdapat yang mengalami luka hingga mengucur darah di bagian wajah, pelipis mata, dan kini sedang dirawat di RS Ibnu Sina, Makassar.

Pukul 14.54 wita mereka dibawa ke kantor Polrestabes Makassar.

Berdasarkan informasi terkini dari teman-teman aliansi terdapat sekitar 24-an orang yang dibawa ke Polrestabes Makassar. (Tbr)

‘PostBanner’

Comment