by

XL Axiata Kerja Sama dengan UIN Makassar Salurkan Donasi Paket Data

Keterangan Foto: XL Axiata Kerja Sama dengan UIN Makassar Salurkan Donasi Paket Data

Smartcitymakassar.com – Makassar. PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) bekerja sama dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar menyalurkan donasi paket data khusus untuk para dosen dan mahasiswa. Paket data ini bisa mereka pergunakan untuk keperluan kuliah atau pembelajaran jarak jauh selama pandemi Covid-19 masih berlangsung. Penandatanganan nota kerja sama kedua pihak dilakukan secara simbolis oleh Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN, Dr. Firdaus Muhammad, MA dan Group Head XL Axiata East Region, Bambang Parikesit, di Makassar, Jumat (4/9).

Group Head XL Axiata Region East, Bambang Parikesit mengatakan, “Penyaluran paket data khusus di UIN Alauddin Makassar ini wujud komitmen kuat kami untuk mendukung program pemerintah guna meringankan beban mahasiswa dan dosen, yang harus mengikuti dan menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama pandemi masih berlangsung. Kami sangat memahami persoalan yang dihadapi sebagian mahasiswa dan dosen yang harus mengeluarkan dana tambahan untuk membeli kuota data agar bisa terus mengikuti PJJ. Untuk itulah kami menjalin kerja sama dengan UIN Alauddin Makassar ini agar penyaluran kuota data paket khusus ini bisa lebih cepat dan tepat sasaran.”

‘FooterBanner’


Bambang Parikesit menambahkan, bagaimana pun juga pendidikan memang harus terus berjalan meski pandemi berlangsung. Masalah kuota data juga seharusnya tidak menjadi persoalan bagi masyarakat jika semua pihak yang berkepentingan dengan kemajuan pendidikan ikut membantu. Sebagai operator telekomunikasi dan data, XL Axiata tidak bisa tinggal diam. Sejak awal pihaknya telah berupaya untuk ikut mencari jalan keluar bagi masyarakat agar anak-anaknya bisa tetap mengikuti PJJ. Sejumlah program juga telah dijalankan, termasuk pemberian gratis kuota data 2GB perhari untuk akses ke aplikasi penunjang pendidikan dan PJJ sejak awal pandemi.

Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN, Dr. Firdaus Muhammad, MA mengatakan, “Kami menyambut baik kerja sama dengan XL Axiata dalam pengadaan paket khusus untuk kalangan perguruan tinggi, terutama bagi para dosen dan mahasiswa dalam rangka penyelenggaraan kuliah daring atau pembelajaran jarak jauh. Paket khusus dari XL Axiata ini akan sangat membantu para dosen dan mahasiswa, karena kebutuhan kuota data untuk perkuliahan jelas lebih banyak. Untuk kuliah daring tidak hanya sekadar kirim materi kuliah, tetapi juga perlu tatap muka secara live streaming, yang tentu lebih banyak menyedot kuota.”

BACA JUGA:  Dapat Amunisi dari Kaum Muda, Danny Kukuhkan Generasi Milineal Danny-Fatma

Mekanisme pembagian kepada para mahasiswa dan dosen selanjutnya akan dilakukan oleh pihak UIN Alauddin Makassar, dengan memprioritaskan kepada para mahasiswa yang memang membutuhkan bantuan kuota data. Pihak XL Axiata juga akan memberikan bantuan teknis penggunaan kuota data jika memang diperlukan. Selain itu, XL Axiata juga akan memastikan jaringan untuk mendukung program PJJ ini agar bantuan kuota bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Dalam kerja sama dengan UIN Alauddin ini, XL Axiata telah menyiapkan paket khusus total sebanyak 5.000 paket, yang selanjutnya akan diteruskan kepada para dosen dan mahasiswa. Paket khusus ini terdiri dari 15 GB data untuk Kuota Conference dan 15 GB lainnya untuk Kuota Edukasi yang berlaku selama 2 bulan. Kuota data yang ada di dalam paket tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengakses aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan oleh dosen dan mahasiswa untuk keperluan PJJ. Diharapkan paket ini bisa segera dimanfaatkan para mahasiswa.

Kerjasama dengan Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta

XL Axiata sebelumnya juga telah menjalin kerja sama dengan Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Wilayah VII Jawa Timur. Program ini sebagai tindak lanjut atas kerja sama yang telah dijalin XL Axiata dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Sama dengan kondisi yang dialami kalangan perguruan tinggi di banyak daerah, universitas dan perguruan tinggi para anggota APTISI Jawa Timur juga menghadapi kendala pada kemampuan mahasiswa dan dosen untuk mendapatkan kuota data yang mencukupi guna melaksanakan PJJ. Anggota asosiasi ada sebanyak 400 kampus yang tersebar di berbagai kota di Jatim

Kuota data dalam setiap paket khusus untuk mahasiswa dibagi untuk dua alokasi, yaitu 15GB untuk Kuota Conference yang bisa untuk mengakses aplikasi-aplikasi yang biasa dipakai dosen mengirimkan materi atau bahan kuliah, serta mengirimkan tugas, yaitu Microsoft Teams, Zoom, Google Meet, Google Hangout, serta Google Classroom.

Selanjutnya, kuota 15GB lainnya merupakan Kuota Edukasi, yang bisa dipakai untuk mengakses aplikasi-aplikasi yang menyediakan bahan pendukung kuliah seperti Udemy, Ruang Guru, Zenius, dan Sekolahmu. Kuota ini juga bisa dipergunakan untuk mendapatkan materi belajar yang disediakan Rumah Belajar Kemendikbud di website https://belajar.kemendikbud.go.id dan Spada Indonesia Kemendikbud di https://spada.kemdikbud.go.id atau https://lmsspada.kemdikbud.go.id/**(Jen)

‘PostBanner’

Comment