by

Pasca Pendaftaran KPU, Pengamat: 10 Lap Pertama Pertaruhan Adama dan Dilan

Muh. Saifullah (ist)

Smartcitymakassar.com – Makassar. Setelah hari pertama pendaftaran, ada tiga bakal pasangan calon (Bapaslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar mendaftar ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jumat (4/9/22020) yaitu Mohammad Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi (ADAMA), Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun Nurdin Halid (IMUN) dan Syamsu Rizal-Fadli Ananda (DILAN), hari ini, Minggu (6/9/2020), Munafri Arifuddin-Rahman Bando (Appi-Rahman) resmi mendaftar pada Pemilihan Wali (Pilwali) Kota Makassar 2020 di Kantor KPU Makassar, Jl Perumnas Antang.

Menanggapi resminya para Bapaslon pilwali Makassar 2020 ini, Pengamat politik dari Pusat Kajian Politik dan Kebijakan Publik (PKPK), Muh Saifullah menegaskan kembali diatas kertas Danny-Fatma masih unggul.

‘FooterBanner’


“Agustus lalu memang ada rilis survei Parameter Publik Indonesia (PPI) dimana Dilan paling melejit naik meski Adama masih unggul dengan selisih di bawah 10 persen. Tapi Pasca pendaftaran KPU, kembali saya tegaskan ‘Adama’ kemungkinan akan semakin melejit juga dan tentunya semakin di depan. Memang sebelum ke KPU ada kekhawatiran khususnya bagi para pendukung yang bukan loyalis Adama,” kata Saifullah saat dikonfirmasi via pesan WhatsApp, Senin (7/9/2020).

BACA JUGA:  Bhabinkamtibmas Polsek Panakkukang Hadiri Kegiatan Bimtek KPPS

Olehnya menurut Saifullah, pasca pendaftaran KPU Adama harus melejit dan atur jarak, tapi tentunya dengan berhati hati, apalagi Danny punya pengalaman saat 2018 batal lanjut mengikuti Pilkada.

“Kuncinya 10 lap pertama. Ingat ada Dilan yang mengekor dan jika Adama bisa ciptakan jarak selisih 10 persen pada 10 lap pertama, yah saya rasa 10 atau 12 lap terakhir Dilan semakin sulit mengejar, karena Pilwali ini ada 4 calon bukan head to head,” kata Saifullah.

Begitupun sebaliknya, jika Dilan justru bisa memanfaatkan 10 lap pertama dengan mengatur jarak, maka peluang besar Dilan bisa unggul.

“Begitu juga sebaliknya, jika 10 lap pertama Dilan bisa atur jarak selisih 5 persen, maka 10 lap terakhir besar kemungkinan Adama bisa diambil ditikungan sama Dilan,” pungkas Saifullah. (Ip)

‘PostBanner’

Comment