by

Seleksi CPNS di Sulsel, Gakkum Sulawesi Koordinator Pelaksanaan Psikotes dan Kesamaptaan

Keterangan Foto: Seleksi CPNS di Sulsel, Gakkum Sulawesi koordinator pelaksana psikotes dan kesamaptaan

Smartcitymakassar.com – Makassar. Balai Gakkum Wilayah Sulawesi melaksanakan test Kesamaptaan di Balai Diklat LHK Makassar, Jalan P. Kemerdekaan Km. 17,5 Makassar. Tujuan tes kesamaptaan ini guna mengukur kemampuan jasmani, kemampuan fisik calon Polhut maupun Satuan Polhut Reaksi Cepat (SPORC) Aparatur Sipil Negara lingkup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Kamis (3/9).

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai Gakkum Sulawesi, Acmad Yusuf Arief, SH MH selaku koordinator seleksi CPNS KLHK wilayah Sulawesi Selatan mendukung kegiatan test Psikotes dan Kesamaptaan bagi CPNS formasi 2019.

‘FooterBanner’


“Pelaksanaan test ini dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19, baik bagi peserta maupun panitia seleksi. Pelaksanaan ini adalah bentuk kolaborasi antar UPT KLHK di Sulawesi Selatan,” kata Acmad Yusuf Arif disela-sela pelaksanaan tes kesamaptaan.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai Gakkum Sulawesi, Acmad Yusuf Arief, SH MH mengatakan, tes Psikotes dan kesamaptaan dilaksanakan selama 2 hari berturut-turut, penyelenggaranya Biro Kepegawaian KLHK Jakarta yang merupakan rangkaian seleksi CPNS 2019 KLHK untuk mengetahui sejauh mana kemampuan jasmani calon SPORC dan Polhut

“Jadi dalam test ini ada 3 tahap, SKB, Kesamaptaan dan Psikotes. Barusan tadi pagi selesai tes psikotes, semetara yang sedang berlangsung sekarang adalah tes kesamaptaan,” kata Achmad Yusuf Arif kepada Media. Kamis, 3 September 2020.

Selain itu, kesamaptaan itu terdiri atas lari 12 menit, lari sprint kecepatan 100 menit, sutle run 8, push up dan sit up.

“Untuk tes psikotes mulai pembukaan berkas disaksikan oleh dua orang peserta dan penandatanganan bersama yang disaksikan tiga orang dari KLHK. Kemudian dari koordinator psikotes dan kesamaptaan dari tim Balai Gakkum Sulawesi yang dikoordinasi oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha,” terang Achmad Yusuf Arif.

Ia menambahkan bahwa peserta berjumlah 39 orang, namun yang hadir sekarang ini hanya 37 orang peserta. “Sampai saat ini belum ada konfirmasi dari peserta yang tidak hadir mengikuti tes,” singkatnya.

BACA JUGA:  Terima Keluhan Warga Makassar selama Kampanye, Danny Pomanto Akan Beri Prioritas

Dari hasil ini akan diolah panitia seleksi, mulai dari nilai SKB, Kesamaptaan dan Psikotes hari ini.

“Gakkum Sulawesi KLHK selaku koordinator kesamaptaan dan psikotes, kemarin SKB dilaksanakan di kantor BKN Wilayah IV Makassar. Untuk Kesamaptaan sendiri dilaksanakan di halaman Balai Diklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan Makassar,” ujar Kepala Sub Bagian Tata Usaha Gakkum Sulawesi.

Lebih lanjut diterangkan, dari 39 orang peserta ini, bagi yang lulus ada yang ditempatkan di Balai Gakkum Sulawesi, ada yang ditempatkan di Dirjen KSDAE dan Dirjen Penegakan Hukum KLHK.

‘Hasil dari peserta test CPNS ini fair play, pelaksanaan ini secara terbuka disaksikan seluruh panitia dan ada melibatkan beberapa LSM dan NGO sebagai pemantau pelaksanaan kegiatan tersebut, jadi betul-betul kita laksanakan secara terbuka,” ucapnya lanjut.

“Tes ini akan dijadikan sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam Pembinaan Karier Polhut dan SPORC menjadikannya tolak ukur untuk mempersiapkan fisik dan jasmani bagi yang akan melaksanakan pendidikan, untuk itu diharapkan seluruh personel Balai Gakkum Sulawesi dalam pelaksanaanya dapat bersungguh sungguh dengan tetap mengutamakan unsur safety,” pungkas Acmad Yusuf Arif.

Sementara menurut salah satu peserta dari SMK Kehutanan Negeri Makassar angkatan pertama yang mengikuti tes kesamaptaan ini, pelaksanaanya sudah bagus.

Menurutnya, pelaksanaan test psikotes dan kesamaptaan sudah bagus, tapi tes SKB di BKN agak terlambat, mungkin terkendala teknis.

Dari pantauan media para peserta antusias menjalani tes psikotes dan kesamaptaan. Pelaksanakan test ini adalah terciptanya kondisi fisik yang prima bagi seluruh calon SPORC dan Polhut sehingga dapat menunjang pelaksanaan tugas pokok KLHK dengan baik**(Jen)

‘PostBanner’

Comment