by

Gandeng ASKOMPSI, XL Axiata Beri 260.450 Paket Kuota Gratis ke Pelajar Setingkat SMP dan SMA

Keterangan Foto: XL Axiata kerjasama dengan Asosiasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Seluruh Indonesia (ASKOMPSI) memberikan paket internet gratis khusus bagi pelajar di berbagai provinsi.

Smartcitymakassar.com – Makassar. PT. XL Axiata, Tbk (XL Axiata) bekerjasama dengan Asosiasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Seluruh Indonesia (ASKOMPSI) memberikan paket internet gratis khusus bagi pelajar di berbagai provinsi. Dukungan ini sebagai bentuk kepedulian XL Axiata dan ASKOMPSI mendukung Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dalam masa pandemi Covid-19.

Penyerahan dilakukan serentak di berbagai kota di Indonesia, untuk di Kota Palu Propinsi Sulawesi Tengah dihadiri oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Propinsi Sulawesi Tengah, Faridah Lamarauna, SE, M.Si, Kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Sulawesi Tengah, Dr. Muhlis. S.pd., MSI dan Teritory Sales Manager XL Axiata area Sulawesi Tengah, Tiar Hamidy.

‘FooterBanner’


Selain itu juga dilakukan virtual conference dengan sejumlah Kepala Dinas Kominfo Provinsi dan beberapa Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, serta pengurus ASKOMPSI.
Group Head XL Axiata East Region, Bambang Parikesit mengatakan,”XL Axiata senantiasa berkomitmen untuk ikut serta berpartisipasi dalam mengembangkan dan memajukan dunia pendidikan di Indonesia. Kami merasa bertanggung jawab membantu meringankan beban masyarakat yang terus berusaha agar anak-anaknya tetap bisa belajar. Selain itu, kerja sama XL Axiata dan ASKOMPSI merupakan implementasi kedua pihak mendukung pemerintah dalam menyelenggarakan proses belajar dan mengajar secara online selama pandemi Covid-19 masih berlangsung.”

Bambang Parikesit menambahkan, proses pembelajaran jarak jauh memang memerlukan terobosan dengan memanfaatkan layanan internet dan teknologi digital. Namun, untuk melaksanakannya, muncul kendala terkait dengan kemampuan masyarakat dalam menyediakan sarana smartphone, membeli paket kuota data, serta kualitas jaringan atau sinyal dari operator yang belum sepenuhnya menjangkau setiap area. Program kerja sama XL Axiata – ASKOMPSI ini diharapkan bisa memperingan beban sebagian pelajar dan orang tuanya dalam mendapatkan kuota data untuk mengikuti PJJ.

Melalui kerjasama XL Axiata – ASKOMPSI ini, akan disalurkan donasi berupa kuota data gratis ke total lebih dari 260.450 pelajar setingkat SMP dan SMA di lebih dari 1000 sekolah yang berada di 28 provinsi, antara lain Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara dan Gorontalo serta beberapa propinsi lain. Data pelajar dan sekolah berdasarkan rekomendasi dari Dinas Pendidikan Provinsi.

Penyaluran donasi ini akan dilakukan dengan dengan dua skema. Pertama, sebanyak 450 paket diberikan untuk pelajar kurang mampu, yang bisa dipakai untuk mengakses internet selama empat bulan. Kedua, sebanyak 260.000 paket berupa akses internet gratis selama dua bulan. Paket kuota data gratis ini sudah bisa mulai dipergunakan pada 1 September 2020.

BACA JUGA:  HUT Polairud ke-70, Polda Sulsel Laksanakan Upacara Virtual

Mekanisme penyaluran ke setiap siswa akan dilakukan oleh Kepala Sekolah dengan cara berkoodinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi. Kuota data yang diterima para siswa ini bisa dipakai untuk mengakses layanan Microsoft Teams, Zoom, Google Meet, Google Hangout, serta Google Classroom dan juga Udemy, Ruang Guru, Zenius, dan Sekolahmu. Kuota ini juga bisa dipergunakan untuk mendapatkan materi belajar yang disediakan Rumah Belajar Kemendikbud di website https://belajar.kemendikbud.go.id dan Spada Indonesia Kemendikbud di https://spada.kemdikbud.go.id atau https://lmsspada.kemdikbud.go.id/.

Paket Kuota Internet untuk Mendukung Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)

XL Axiata sebelumnya juga menjalin kerja sama dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) untuk menyediakan paket khusus kuota data guna memperingan mahasiswa dan dosen. Kebutuhan ini muncul karena selama pandemi, perkuliahan tatap muka ditiadakan dan digantikan dengan perkualitan jarak jauh juga.

Masih dalam rangka melanjutkan komitmen untuk terus mendukung Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Indonesia dan mengatasi persoalan terkait akses internet yang dihadapi masyarakat, XL Axiata juga baru saja meluncurkan program khusus berupa paket internet gratis bagi pelajar dan mahasiswa. Program ini berupa paket internet khusus dengan kartu AXIS, yang memungkinkan para pelajar dan mahasiswa mendapatkan kuota data gratis sebesar 30GB yang bisa digunakan untuk mengakses aplikasi-aplikasi yang paling disering digunakan di PJJ.

Program khusus untuk pelajar melalui kartu AXIS ini memberikan gratis akses internet selama dua bulan. Dengan total kuota gratis sebesar 30GB, para pelajar dapat menggunakan paket ini untuk mengakses berbagai aplikasi penunjang belajar dan PJJ. Aplikasi-aplikasi yang dimaksud biasa dipakai guru mengirimkan materi atau bahan pelajaran, serta mengirimkan tugas, antara lain Microsoft Teams, Zoom, Google Meet, Google Hangout, serta Google Classroom.

Selain itu kuota gratis tersebut juga bisa dipakai untuk mengakses aplikasi-aplikasi yang menyediakan bahan pendukung pelajaran seperti Udemy, Ruang Guru, Zenius, dan Sekolahmu. Kuota ini juga bisa dipergunakan untuk mendapatkan materi belajar yang disediakan Rumah Belajar Kemendikbud di website https://belajar.kemendikbud.go.id dan Spada Indonesia Kemendikbud di https://spada.kemdikbud.go.id atau https://lmsspada.kemdikbud.go.id/.**(Jen)

‘PostBanner’

Comment