by

Soal Subsidi Gaji di Sulsel, ini Penjelasannya

Pekerja (ilustrasi)

Smartcitymakassar.com – Makassar. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncuran Program Bantuan Subsidi Gaji/Upah untuk Pekerja/Buruh di Istana Negara, Provinsi DKI Jakarta, Kamis (27/8/2020). Pada kesempatan itu, Presiden juga menyampaikan bahwa penerima subsidi upah buruh di antaranya ada pekerja honorer, guru honorer, petugas pemadam kebakaran honorer, karyawan hotel, tenaga medis perawat, petugas kebersihan, dan juga karyawan hotel.

“Siapapun yang membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan secara aktif sampai bulan Juni, rajin, patuh itu yang diberikan,” jelas Presiden.

‘FooterBanner’


Terkait hal tersebut, Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sulawesi Maluku, Toto Suharto, mengatakan tercatat sekitar 200 ribu pekerja di Sulawesi Selatan (Sulsel) siap menerima subsidi gaji sebesar 600 ribu per bulan untuk dua kali termin dengan masing-masing termin dua bulan. Adapun pada termin pertama pekerja akan mendapatkan Rp1,2 juta atau dua bulan dan ditransfer ke rekening masing-masing.

“Subsidi upah ini akan ditransfer langsung ke rekening karyawan yang telah didaftarkan oleh HRD masing-masing melalui https://sipp.bpjsketenagakerjaan.go.id/.

Pencairan BLT BPJS Ketenagakerjaan,” kata Toto, dalam keterangan persnya, Minggu (30/8/2020) di Makassar.

Setelah itu, nomor rekening karyawan yang telah didaftarkan oleh HRD dari setiap perusahaan akan diverifikasi dan divalidasi oleh BPJS Ketenagakerjaan. Hal ini dilakukan untuk memastikan bantuan tepat sasaran. Data yang telah diverifikasi dan divalidasi akan dimasukkan dalam data daftar calon penerima bantuan pemerintah yang kemudian dilaporkan oleh BPJS Ketenagakerjaan kepada Menteri, dengan melampirkan berita acara dan surat pernyataan mengenai kesesuaian data calon penerima BLT tersebut.

BACA JUGA:  Gandeng PGRI Kota Makassar, Forum OSIS Sulsel Gelar Konferensi

Sebelumnya, Toto Suharto mengatakan, hingga 26 Agustus 2020 pukul 17.56 Wita sebanyak 579.658 nomor rekening pekerja. Rekening yang telah divalidasi Bank sebanyak 551.364 rekening bank peserta. Menurut Toto, adapun yang belum diproses karena belum dilaporkan dan atau tidak lengkap sebanyak 28.322 pekerja.

“Data yang telah divalidasi ialah, Sulsel 226.928, Sultra 72.084, Sulbar 28.558, Sulteng 80.725, Gorontalo 19.610, Sulut 73.291, Maluku 29.503 dan Maluku Utara 20.665,” jelas Toto di acara penyerahan Simbolis Bantuan Subsidi Upah Pekerja Peserta BPJS Ketenagakerjaan di Ruang Rapat Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Makassar, Jl Urip Sumohardjo Km 4,5 Pampang, Kamis (27/8/2020). (Ip)

‘PostBanner’

Comment