by

4 Bakal Paslon Menginginkan Hari Pertama Daftar di KPU Makassar, Gunawan: Ini Akan Sulit

KPU Kota Makassar, saat gelar simulasi pendaftaran bakal Pasangan Calon Wali Kota Makassar 2020.(ist)

Smartcitymakassar.com – Makassar. Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Makassar akan mengatur kembali pendaftaran bakal Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota Makassar 2020.

Pasalnya, hingga saat ini ada 4 bakal Paslon pemimpin Ibu Kota Sulawesi Selatan (Sulsel) yang telah memasukkan surat permohonan jadwal kedatangan mendaftar di KPU Kota Makassar pada anggal 4 September 2020 yang merupakan hari pertama pendaftaran.

‘FooterBanner’


“Dengan keadaan seperti ini, tentu sulit mengabulkan jadwal yang diminta bakal Paslon, karena waktunya yang sangat berdekatan”, jelas Komisioner KPU Makassar, Divisi Teknis, Gunawan Mashar melalui rilisnya. Kamis (27/8/2020).

Dengan alasan itu, lanjut Gunawan, penyelenggara akan memutuskan dan mengatur jadwal pendaftaran, serta kedatangan para kandidat dengan mengacu pada beberapa point.

“Yang pertama itu, bukti administrasi. Dalam hal ini surat yang duluan masuk akan jadi pertimbangan untuk didahulukan. Terus yang kedua, dari hasil 2 kali simulasi pendaftaran yang kami dilakukan, butuh waktu sekitar 2 jam 30 menit. Itu belum termasuk waktu untuk melakukan sterilisasi ruangan setelah kandidat sebelumnya keluar”, kata Gunawan.

BACA JUGA:  Debat Kedua, Akademisi: Jadi Panggung Bukti Kinerja ADAMA‘

“Dengan gambaran tersebut, perlu rentang waktu yang cukup antara kepulangan satu bakal Paslon, dengan kedatangan b bakal Paslon lainnya”, tambahnya.

Untuk point ketiga, kata Gunawan, melihat aturan tentang protokol Covid-19. Maka dari itu, KPU Kota Makassar mewajibkan tidak ada kerumunan.

Selain itu, dari hasil koordinasi KPU Makassar dengan pihak keamanan adalah upaya untuk menghindarkan bertemunya dua kelompok massa dari bakal Paslon Wali Kota Makassar yang berbeda harus dimaksimalkan.

“Dengan rentang waktu pendaftaran yang berdekatan, kemungkinan untuk bertemunya massa dari kandidat yang berbeda sangat besar”,

“Dengan alasan inilah, KPU Makassar akan mengatur dan mengumumkan jadwal pendaftaran bakal Paslon pada rakor yang menghadirkan LO Parpol, Kepolisian, TNI, Bawaslu, dan Satgas Covid”, tutupnya.(*As)

‘PostBanner’

Comment