by

Mulai Hari Ini Bantuan UMKM Rp 2,4 Juta akan Disalurkan, Ini Penjelasan Pemprov Sulsel dan Pemkot Makassar

Pengusaha UMKM (ilustrasi)

Smartcitymakassar.com – Makassar. Program bantuan produktif bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) juga akan menyasar 11.925 unit usaha di Sulsel.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel, Abdul Malik Faisal. Menurutnya, secara simbolis program ini akan mulai disalurkan serentak mulai hari ini.

‘FooterBanner’


“Jadi sekarang ini untuk tahap pertama kita dapat 11.925 unit usaha. Hari Senin besok

(hari ini-red) di-launching untuk penyalurannya. Saya diundang untuk hadir di BRI Tamalanrea,” ungkap Abdul Malik kepada wartawan, Minggu (23/8/2020).

Diketahui, dari program ini tiap UMKM mendapat bantuan hibah modal kerja senilai Rp2,4 juta yang disalurkan langsung ke rekening penerima. Bantuan inipun akan diberikan secara bertahap, setelah verifikasi oleh pusat melalui Kementerian Koperasi.

Abdul Malik menjelaskan, pihaknya sudah mengirimkan data sebanyak 75.000 UMKM di Sulsel yang diusulkan mendapatkan bantuan ini. Hanya saja, baru 11.925 yang divalidasi untuk penyaluran tahap awal.

Diketahui, ada kriteria bagi pelaku usaha yang menerima bantuan ini, salah satunya, UMKM yang belum pernah atau sedang menerima pinjaman dari perbankan.

“Itu yang sudah divalidasi oleh Kementerian Koperasi. Makanya baru itu disalurkan. Tapi kalau data dari dinas kita itu 75.000 UMKM yang dari kabupaten/kota yang kita himpun diusulkan. Itu yang clear by name by address,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Tolak UU Omnibus Law, Front Mahasiswa Menggugat Gelar Aksi Unras

Abdul Malik bahkan mengungkapkan bahwa pihaknya masih akan mengusulkan unit usaha lain yang belum sempat didata. Apalagi kuota nasional yang diberikan untuk penerima bantuan ini masih cukup besar. Secara nasional diberikan kepada 12 juta UMKM.

“Tidak ada kuota tiap provinsi atau kabupaten/kota. Yang jelas kuota nasional itu 12 juta. Terus yang sudah divalidasi itu sudah mencapai 1 juta se-Indonesia. Artinya masih kuota 11 juta UKM. Kita masih diminta masukkan data sampai minggu kedua September. Cuma kita di provinsi batasi sampai akhir Agustus,” Jelas Abdul Malik.

Data Penerima di Makassar

Terpisah, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar, Evi Apriyalti menuturkan, khusus Kota Makassar ada 8.584 UMKM yang menerima bantuan modal usaha tersebut. Selain bantuan dari pusat, Pemkot Makassar juga mendorong agar unit usaha lain mendapat modal dari pinjaman perbankan.

“Bantuan modal usaha (dari pemerintah pusat) sebesar 2,4 juta setiap UKM. Kalau dana pinjaman tergantung berapa yang dimohon oleh pelaku UKM dan diberikan oleh perbankan,” kata Evi.

“Alhamdulillah, kita juga sudah memasukkan data ke dirjen keuangan, dan OJK untuk memfasilitasi bantuan dana bergulir, baik KUR maupun UMI (Ultra Mikro),” pungkas Evi. (Ip)

‘PostBanner’

Comment