by

Evi Masamba Terimakasih Kepada Kementerian Sosial, Ada Apa?

Evi Masamba (int)

Smartcitymakassar.com – Masamba. Sebulan pasca banjir bandang (13/7/2020) yang melanda Kabupaten Luwu Utara, Sulsel, jumlah pengungsi tercatat 20.433 Jiwa.

Dilansir dari data pusat data dan informasi banjir bandang Luwu Utara per-tanggal 20 Agustus 2020 pukul 16.23 WITA, jumlah pengungsi 20.433 Jiwa atau 6.589 KK. Sementara itu korban jiwa 38 Meninggal dan 106 Luka-luka. Selanjutnya rumah rusak sebesar: 1.453 unit rusak berat, 127 unit rusak sedang, dan 2.525 unit rusak ringan.

‘FooterBanner’


Bicara soal pengungsi, artis asal Luwu Utara, Evi Masamba pun angkat suara soal kondisi salah satu keluarganya yang juga menjadi salah satu pengungsi.

Evi menginformasikan melalui akun instagramnya pada (18/8/2020).

https://www.instagram.com/p/CEB0thqgvHR/?igshid=1kfd72zxhd0n8

“Banyak yang nanyain kondisi masamba saat ini seperti apa, keadaan rumah2 udah sejajar tanah. Dan ini salah satu korbannya tanteku sendiri,” tulis Evi Masamba pada instagramnya, Selasa (18/8/2020), sambil mengunggah fotonya bersama tantenya dan grobak usaha tantenya kini.

“Tante udah gak punya rumah lagi, dan jadi pengungsi sekarang. Mau gak mau jualan dipinggir jalan masamba makanya dikasih nama “warung pengungsi barokah,” lanjut Evi.

Menurut Evi, kemarin saat bercerita, ternyata modal untuk usaha tantenya sekarang dari hasil program BST (bantuan sosial tunai) dari Kementerian Sosial (kemensos).

“Jadi saya pun kaget ternyata uang nya pun bisa dijadikan dana untuk usaha rumahan,” kata Evi Masamba.

Terakhir, Evi Masamba menyampaikan terima kasih kepada pihak yang memberikan bantuan kepada para korban. Kepada para korban, Evi masamba mengimbau agar bisa memanfaatkan bantuan tersebut dengan bijak.

BACA JUGA:  Gojek dan PMI Makassar Gelar Donor Darah

“Terimakasih untuk kemensos @kemensosri saya terharuuuu saya berharap semoga temen2 yang dapat bantuan bisa mempergunakan uangnya dengan baik.. semoga barokahhhh aamiin,” tutup Evi Masamba.

Pemda Lutra Juga Akan Bantu UMKM

Sebagai informasi, sebelumnya Pemerintah Daerah Luwu Utara (Lutra) melalui Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi, dan UKM (DP2KUKM) merilis bahwa akan memberikan dana stimulan berupa bantuan modal bagi 846 unit Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Hal ini disampaikan Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani saat meresmikan lokasi pelaku UKM di Sentral Bisnis Masamba, Senin (17/8/2020) pagi tadi, dilansir dari portal.luwuutarakab.go.id

“Pemerintah mengalokasikan anggaran khusus untuk pelaku UMKM terdampak covid dan juga bagi korban banjir dengan nilai Rp. 600.000 selama tiga bulan. Tapi, saya minta agar dicairkan sekaligus senilai Rp.1.800.000, sebagai bantuan modal untuk pemulihan ekonomi,” kata Indah.

Tak hanya bantuan modal bagi UMKM, Indah menyebutkan, pemerintah juga menyiapkan 150 tenda dan 150 gerobak secara gratis.

“300 unit tenda dan gerobak ini akan diberikan kepada UMKM yang memiliki tenda maupun gerobak yang rusak/hilang pasca banjir bandang pada 13 Juli 2020 lalu. Peresmian lokasi UKM di Sentral Bisnis ini maupun bantuan modal bagi UMKM merupakan satu langkah kita untuk bangkit dan terus maju ke depan. Kita boleh saja sedih dengan apa yang terjadi, tapi tidak untuk terus terpuruk,” kata Indah. (Ip)

‘PostBanner’

Comment