by

Pj Wali Kota Makassar dan Gubernur Sulsel Terima UPK 75 dari Bank Indonesia

Keterangan: Kepala Group SP-PUR Kantor Perwakilan Bank Indonesia Prov Sulsel, Endang Kurnia Sapuetra menyerahkan Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) 75 kepada Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, dan juga Pj Wali Kota Makassar, di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Senin (17/08/2020) / foto: Ist.

Smartcitymakassar.com, Makassar. Dalam rangka Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75, Bank Indonesia menyerahkan Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) 75 kepada Gubernur Sulawesi Selatan dan juga kepada Pj Wali Kota Makassar di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Senin (17/08/2020).

Kepala Group SP-PUR Kantor Perwakilan Bank Indonesia Prov. Sulsel, Endang Kurnia Sapuetra, menyerahkan secara langsung kepada Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, dan juga Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin.

‘FooterBanner’


UPK 75 Tahun merupakan uang edisi khusus yang berbentuk kertas pecahan Rp. 75.000 sebagai alat pembayaran yang sah (legal tender).

Sementara itu, Gubernur BI Perry Warjiyo, saat peresmian pengeluaran uang peringatan kemerdekaan 75 Tahun secara virtual mengatakan, peresmian ini menandakan uang pecahan Rp 75 ribu tersebut akan mulai berlaku sejak hari ini, yakni bertepatan dengan HUT ke-75 Proklamasi Kemerdekaan RI.

BACA JUGA:  Terima Keluhan Warga Makassar selama Kampanye, Danny Pomanto Akan Beri Prioritas

Menurut Perry, uang edisi khusus tahun ini merupakan perilisan yang keempat kalinya. Sebelumnya sudah ada tiga kali, yakni pada peringatan HUT Kemerdekaan RI yang Ke-25 pada tahun 1970, HUT Kemerdekaan RI yang ke-45 pada tahun 1990, HUT Kemerdekaan RI yang ke-50 pada tahun 1995.

Selanjutnya, BI berencana akan melakukan penerbitan uang edisi khusus ini secara terjadwal sehingga bisa menjadi momentum sejarah yang terus diingat.

“Ke depan, Insya Allah, pengeluaran uang khusus untuk peringatan kemerdekaan akan dilakukan setiap 25 tahun sekali,” ujar Perry.** (ib)

‘PostBanner’

Comment