by

Semifinal Liga Champions Catat Rekor, Aroma Jerman Demikian “Menyengat”

Liga Champions 2020 (ilustrasi)

Smartcitymakassar.com – Jakarta. Aroma Jerman pada semifinal Liga Champions di musim ini tercium demikian “menyengat”. Pasalnya, karena ada tiga peramu strategi asal Jerman mendominasi laga semifinal ini dan “mengepung” satu orang pelatih asal Prancis.

Babak semifinal Liga Champions musim ini menghadirkan dua klub Jerman, yakni Bayern Munich dan RB Leipzig, yang akan berhadapan dengan dua klub Prancis, yaitu Paris Saint-Germain dan Lyon.

‘FooterBanner’


Ini merupakan sebuah fenomena tersendiri dikarenakan ketiadaan klub Inggris, Italia, dan Spanyol. UEFA.com menyebut, untuk kali pertama sejak format kompetisi jadi Liga Champions pada 1992, baru kali ini tak ada tim Inggris, Spanyol, atau Italia di semifinal.

Dari keempat tim di semifinal 2019/2020, tiga di antaranya menghadirkan sosok pelatih asal Jerman. Ada Julian Nagelsmann di RB Leipzig, ada Thomas Tuchel di PSG serta Hans D. Flick di Bayern Munich. Ketiga pelatih asal Jerman itu bagaikan “mengepung” keberadaan Rudi Garcia, pelatih asal Prancis yang menangani Lyon.

BACA JUGA:  Kantongi 15 Rekomendasi, Iswan Nurdin Optimis Maju Calon Ketua KONI Bantaeng

Hal itu turut membuahkan sebuah rekor tersendiri. Opta menyebut, dalam sejarah Liga Champions baru kali ini ada tiga pelatih dari satu negara yang sama di babak semifinal.

Dalam wawancara dengan L’Equipe, Julian Nagelsmann sempat membahas hal tersebut. Pelatih termuda di semifinal Liga Champions ini menyebutnya sebagai hal yang membanggakan buat sepakbola Jerman.

“Itu bagus buat sepakbola Jerman, ini hal penting,” katanya.

“Sistem pelatihan untuk para pelatih di Jerman itu bagus. Aku tidak bisa bicara soal situasi di negara lain, tapi aku ingat kalau dulu tidak begini. Hari ini kami berada si sini lagi. Kami cuma bisa bergembira bisa memiliki wakil di empat besar kompetisi antarklub Eropa,” ujar Nagelsmann soal nuansa Jerman di laga kali ini. (Ar)

‘PostBanner’

Comment