by

KPU Makassar Launching Aplikasi ‘JAPRI Ka’, Ini Tujuannya

Ketua dan Komisioner KPU Kota Makassar, saat launchingkan aplikasi Jaringan Pengaduan dan Laporan Masyarakat (JAPRI Ka).(As)

Smartcitymakassar.com – Makassar. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar siap menyukseskan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar yang jatuh pada 9 Desember 2020 mendatang.

Dengan kesiapan tersebut, segalah upaya dilakukan penyelenggara untuk menciptakan Pilwalkot Makassar 2020 yang damai dan lebih sukses dibanding Pilwalkot tahun lalu. Salah satunya adalah menciptakan Aplikasi.

‘FooterBanner’


KPU Kota Makassar launching aplikasi Jaringan Pengaduan dan Laporan Masyarakat (JAPRI Ka) di Hotel Four Point by Sheraton Makassar. Minggu (16/8/2020).

Ketua KPU Kota Makassar, menyampaikan bahwa tujuan dari aplikasi JAPRI Ka untuk mempermudah masyarakat dalam menyampaikan suatu temuan yang dianggap pelanggaran dalam tahapan Pilwalkota Makassar.

“Untuk itu, dengan adanya aplikasi ini (JAPRI Ka), masyarakat bisa menyampaikan laporan yang dianggap pelanggaran melalui smartphone. Jadi tidak perlu lagi ke kantor”, jelas Farid Wajdi.

BACA JUGA:  Video Dokumenter Baju Adat Rampi Oleh Tita Kamila

Bukan hanya itu, lanjut Farid, tujuan dari aplikasi ini adalah untuk memberi pengetahuan kepada masyarakat mengenai kriteria – kriteria yang bisa menjadi bahan laporan.

“Karena, didalam aplikasi JAPRI Ka, ada keterangan/point kriteria – kriteria pelanggaran dalam tahapan, untuk itu masyarakat bisa melihat hal-hal apa yang bisa dilaporka”, lanjut Farid.

Sementara, ditempat yang sama, Komisioner KPU Kota Makassar divisi Hukum, Abdul Rahman mengatakan, penggunaan aplikasi JAPRI Ka bukan hanya untuk masyarakat saja. Melainkan bisa digunakan oleh sesama penyelenggara.

“Bisa itu (penyelenggara melaporkan sesamanya), jika memang itu yang dilakukan diduga pelanggara”, tegas Rahamn.

“Untuk itu, kami harap agar pikiran-pikiran yang ‘jelek’ kita buang jauh-jauh. Mari kita sama-sama ciptakan kesuksesan Pilwalkot Makassar 2020”, harapnya.(As)

Comment