by

Gubernur Sulsel Gandeng Dirut PT IKI Atasi Masalah di Wilayah Kepulauan

Keterangan: Gubernur Sulsel, Prof Nurdin Abdullah, saat bertemu dengan Dirut PT IKI, di Kantor Gubernur Sulsel, Senin (10/08/2020) / foto: Ist.

Smartcitymakassar.com, Makassar. Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Prof HM Nurdin Abdullah, mengandeng Direktur Utama PT Industri Perkapalan Indonesia (PT IKI Persero), Diana Rosa, untuk bersama menuntaskan kemiskinan di pulau-pulau lewat pembuatan kapal fiber sebanyak 20 unit dengan volume 17 Gross Tonnage (GT).

“Saya tantang Dirut PT IKI yang baru. Saya bilang kita ini negara kepulauan tapi kemiskinan masih ada di pulau di pesisir,” ucap Nurdin Abdullah usai pertemuan dengan Dirut PT IKI, di Kantor Gubernur Sulsel, Senin (10/08/2020).

‘FooterBanner’


Nurdin menyebutkan, potensi ikan di Sulsel sangat tinggi dan bernilai ekonomis. Namun, masih terkendala di penguasaan teknologi penangkapan dan armada penangkapan masih standar.

BACA JUGA:  Presiden Masjid Modern Kurir Langit Lepas 6 Armada Logistik dan Relawan Menuju Sulbar

“Potensi ikan kita dan beberapa biota laut bernilai ekonomi, tapi kendalanya kita tidak menguasai teknologi penangkapan. Yang kedua, alat tangkap kita masih sederhana. Yang ketiga adalah armada penangkapan,” paparnya.

Kerjasama Pemprov dengan PT. IKI ini memang sudah tepat untuk membuat kapal fiber untuk memperdayakan masyarakat Sulsel di pesisir. Selain untuk nelayan, juga bagaimana kapal ini dimanfaatkan untuk mempermudah konektivitas antara pulau-pulau di Sulsel.

“Jadi, rencana kita buat proposalnya, mungkin kita uji coba dulu. Penangkapan ikan dasar dengan ramah lingkungan, yang kedua kita bangun longline untuk penangkapan ikan,” tutupnya.** (MT)

‘PostBanner’

Comment