by

Polda Sebut Bencana Lutra Murni Faktor Alam, WALHI Sulsel: Ada yang Intervensi

Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi)

Smartcitymakassar.com – Makassar. Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Daerah Sulawesi Selatan angkat bicara terkait hasil penyelidikan Polda Sulsel terkait faktor alam sebagai penyebab bencana banjir bandang di Kota Masamba.

Direktur Eksekutif WALHI Sulawesi Selatan, Muhammad Al Amin, menduga kuat bahwa pernyataan tersebut buah dari tekanan dan intervensi perusahaan sawit dan kelompok yang terlibat dalam aktivitas ilegal loging di Luwu Utara.

‘FooterBanner’


“Saat Kapolda Irjen Pol Guntur Maupe diganti, kami sudah memprediksi bahwa Polda Sulsel akan berubah haluan. Dan semua terbukti. Jadi semua sudah dikondisikan” Jelas Amin.

Amin mengatakan kajian yang dilakukan WALHI Sulsel dan koalisi saat ini menunjukan bahwa pembukaan lahan untuk perkebunan dan pertambangan, serta aktivitas ilegal loging selama beberapa tahun terakhir membuat perubahan terhadap kondisi lingkungan terutama hutan di Luwu Utara, dan kita tahu siapa yang berperan.

Selain itu, beberapa minggu setelah bencana, BNPB, Tim Wagub dan KLHK merilis hasil kajian mereka terkait penyebab bencana banjir bandang di Kota Masamba. Instasi tersebut membenarkan bahwa pembukaan lahan adalah penyebab utama banjir yang telah menenggelamkan Kota Masamba dan menewaskan 30-an orang.

BACA JUGA:  Pertamina Bersama Rumah Hijau Denassa Lestarikan Spesies Endemik Asli Makassar

“Nah kalau rilis mereka berubah, maka 100 persen masalah ini diintervensi orang-orang yang terlibat dalam aktivitas pembukaan lahan”, terang Amin.

Amin kemudian menjelaskan bahwa bencana terutama banjir bandang selalu diawali oleh curah hujan yang tinggi. Namun curah hujan hanyalah pemicu, bukan penyebab. Penyebabnya adalah perubahan alam yang menurunkan daya dukung dan daya tampung lingkungan.

“Dari penjelasan pihak Polda Sulsel tersebut, kami harus katakan bahwa pernyataan tersebut keliru dan bertentangan dengan ilmu pengetahun, Maka masyarakat pun patut pesimis dengan kepemimpinan Kapolda baru Sulsel” pungkas Amin. (Ip)

‘PostBanner’

Comment