by

Buat Bupati Terpilih Lutra Nanti, Ini Kata Pengamat

Muh. Saifullah (ist)

Smartcitymakassar.com – Makassar. Banjir bandang terjang daerah Masamba, di Kabupaten Luwu Utara (Lutra), Sulawesi Selatan pada Senin, (13/7/2020) malam. Bagi masyarakat yang terdampak langsung maupun tak langsung, hal ini tentunya menjadi pukulan berat, mulai dari kehilangan sanak keluarga hingga kehilangan harta benda.

Adapun persoalan kedepannya bagi Lutra, menurut pengamat politik dari Pusat Kajian Politik dan Kebijakan Publik (PKPK), Muh Saifullah, adalah tugas berat bagi bupati yang terpilih kelak. Diketahui pada Desember 2020, Lutra juga akan melangsungkan Pilkada serentak.

‘FooterBanner’


“Tugas berat Bupati terpilih nanti, bagaimana memulihkan kembali kondisi Lutra. Itu yang pertama,” kata putra keturunan Lutra ini, Kamis (30/7/2020).

Selanjutnya Saifullah mengatakan, persoalan berat kedua adalah lapangan usaha pertanian.

BACA JUGA:  (VIDEO) Wakil Ketua DPRD Lutra Pukul Meja, RDP Bersama Massa Korban Banjir Sempat Ricuh

“Lutra, lapangan usaha pertanian sekitar 55 persen, sangat besar dan pastinya otomatis menyangkut hajat hidup orang banyak. Dan lapangan usaha pertanian (pertanian, kehutanan dan perikanan) ini juga selalu menjadi penyumbang terbesar PDRB. Tapi sayangnya berdasarkan data BPS, antara 2015 hingga 2019 lapangan usaha ini cenderung menurun. Ini yang harus ditingkatkan,” jelasnya.

“Persoalan pertanian perkebunan ini sangat kompeks dan kerja berat untuk bisa ditingkatkan. Misalnya, kemiskinan terjadi disuatu daerah karena masyarakatnya tak bisa lagi bertani karena selalu banjir. Dan jika dua persoalan bisa diatasi bupati terpilih kelak, insya Allah masyarakat Lutra semakin sejahtera,” pungkasnya. (Hd)

‘PostBanner’

Comment