by

Bantuan Korban Banjir Bandang Luwu Utara, Ketua DPP KKB: Duka Luwu Utara Adalah Air Mata Bumi Panrita Lopi

Keterangan Foto: Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Kerukunan Keluarga Bulukumba, Andi Badi Sommeng kepada Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani

Smartcitymakassar.com – Masamba. Duka Masamba Luwu Utara adalah air mata Bumi Butta Panrita Lopi Bulukumba. Begitulah kalimat yang terpampang nyata dalam spanduk yang dibawa Dewan Pimpinan Pusat Kerukunan Keluarga Bulukmba (DPP KKB) saat hadir di Luwu Utara dalam rangka menyerahkan paket bantuan dari DPP KKB beberapa hari lalu (25/7).

Hal ini tentu sebagai kepedulian DPP KKB terhadap masyarakat Kabupaten Luwu Utara yang terdampak bencana alam banjir bandang yang melanda Lutra sejak 13 Juli 2020 lalu.

‘FooterBanner’


Sekedar untuk diketahui, Dewan Pimpinan Pusat Kerukunan Keluarga Bulukumba (DPP KKB) adalah wadah atau paguyuban bagi masyarakat asal Bulukumba yang berada di perantauan.

Melalui program DPP KKB Peduli Banjir Bandang, pengurus DPP menyerahkan bantuan berupa beras, makanan jadi, pakaian anak dan dewasa, mainan anak, perlengkapan dapur, beras, bumbu dapur, selimut, sarung, dan paket bantuan lainnya.

Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Kerukunan Keluarga Bulukumba, Andi Badi Sommeng kepada Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, di teras Kantor Bupati Luwu Utara Sulawesi Selatan, Sabtu 25 Juli 2020.

Penyerahan tersebut turut didampingi beberapa pengurus KKB baik dari DPP maupun Badan Pimpinan Cabang KKB masing BPC KKB Luwu Utara, BPC KKB Palopo, BPC KKB Luwu Timur.

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada DPP Kerukunan Keluarga Bulukumba yang telah menyerahkan bantuan untuk membantu masyarakat Luwu Utara yang terdampak banjir bandang.

“Saya sebagai pemerintah daerah menyampaikan ucapan terima kasih atas apresiasi, kepedulian, serta perhatiannya untuk membantu kami,”tutur Bupati perempuan pertama di Sulawesi Selatan itu.

Ketua BPC KKB Luwu Utara Muhammad Kasrum Patawari yang mendampingi Ketua Umum DPP KKB Andi Badi Sommeng dan rombongan menyerahkan bantuan korban banjir juga menyampikan hal serupa.

Ia juga tidak henti-hentinya menyampaikan ucapan terima kasih atas apresiasi dan kepedulian pengurus DPP kepada masyarakat Luwu Utara yang terdampak banjir bandang.

Kasrum yang juga salah satu Kepala Dinas di Luwu Utara ini menyampaikan bahwa khusus dalam bencana yang terjadi di Luwu Utara ini turut dirasakan masyarakat Bulukumba yang berdomisili di Luwu Utara.

“Ada empat warga Bulukumba yang tinggal di Luwu Utara rumahnya hanyut. Mereka hanya mampu menyelamatkan diri dan pakaian di badan saja. Ada yang rumahnya hanyut dan juga ada yang tertimbun lumpur. Selebihnya tidak terlalu parah,”beber Kasrum.

Kasrum menambahkan bahwa bantuan dari DPP KKB yang diserahkan secara simbolis kepada Bupati Luwu Utara ini selanjutnya disampaikan kepada korban banjir melalui BPC KKB Luwu Utara.

BACA JUGA:  Antara Anggaran Pusat dan Daerah untuk Percepatan Penanganan Banjir Bandang Luwu Utara

“Untuk penyaluran akan dilakukan oleh KKB Cabang Luwu Utara,”tegasnya.

Sekedar untuk diketahui juga bahwa selain bantuan paket yang diserahkan secara simbolis ke Bupati, DPP KKB juga menyerahkan langsung bantuan tunai senilai Rp 10 juta untuk korban banjir bandang terkhusus untuk warga Bulukumba yang ada di Luwu Utara.

Bantuan tersebut diserahkan Ketua Umum DPP KKB kepada Ketua BPC KKB Luwu Utara di posko bantuan dan dapur umum BPC KKB Luwu Utara yang juga tidak jauh dari posko pengungsian di Kantor Bupati Lutra.

Ketua Umum DPP KKB, Andi Badi Sommeng mengatakan bencana yang melanda Luwu Utara adalah duka kita semua termasuk masyarakat Bulukumba yang ada di perantauan yang dalam hal Kerukunan Keluarga Bulukumba.

“Duka Luwu Utara adalah air mata Bumi Panrita Lopi,”begitu kata Andi Badi Sommeng saat bertemu Bupati IDP sesaat menyerahkan bantuan secara simbolis.

Ia mengatakan bahwa DPP KKB sangat prihatin dan ikut merasakan duka yang dirasakan saudara-saudari yang tertimpa bencana di Luwu Utara.

Masih kata dia, bantuan kemanusiaan dari DPP KKB untuk warga Luwu Utara ini adalah donasi atau sumbangan dari pengurus DPP sebagai bentuk kepedulian.

Ia juga mengajak masyarakat Luwu Utara secara umum dan warga KKB di Luwu Utara secara khusus untuk tetap bersabar atas musibah ini.

“Insya Allah di balik musibah ini adalah rencana Allah SWT. Tetapki bersabar semua. Mari kita sandarkan diri kepada Allah SWT. Di balik musibah ini akan ada rencana Allah yang begitu indah. Tetap menjaga kesehatan apalagi bencana ada di tengah Pandemi Covid-19. Kami berdoa semoga Luwu Utara segera pulih dan tetap kuat dan bangkit,”terang dia.

Terakhri, pria kelahiran Kajang Bulukumba itu menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh donatur dan pengurus DPP KKB atas bantuan dan supportnya dalam misi kemanusiaan untuk korban banjir dan lumpur di Luwu Utara.

Terkhusus kepada BPC KKB dari kabupaten yang rombongan lalui di sepanjang perjalanan mulai dari kota Makassar menuju Masamba dan kembali Makassar, sekali lagi terima kasih banyak atas bantuan dan jamuannya.

“Terima kasih banyak atas pendampingan, jamuan dan kekompakannya untuk ikut menyapa saudara saudari kita yang tertimpa banjir Luwu Utara. Semoga apa yang kita lakukan dapat bernilai ibadah, Aamin.

“Alhamdulillah sepanjang perjalanan ada-ada saja masyarakat Bulukumba yang meminta untuk mampir Alhamdulillah bisa bersilaturahmi dengan mereka juga sekali lagi terima kasih banyak atas apresiasinya,” tutupnya**(Jen)

‘PostBanner’

Comment