by

Pengungsi Posko Meli Lutra Butuh Selimut

Foto Dinas Kominfo Lutra

Smartcitymakassar.com – Masamba. Pengungsi banjir bandang Luwu Utara, Sulsel di Posko Meli, Kecamatan Baebunta, Sulawesi Selatan (Sulsel) butuh selimut. Pengungsi dewasa hingga balita mengeluh kedinginan saat malam di dalam tenda terbuat dari terpal.

“Kami butuh selimut, anak-anak kasian kedinginan kalau malam,” kata seorang pengungsi, Jumat (24/7/2020).

‘FooterBanner’


“Kalau ada selimut tolong disumbang kemari kasian,” jelas pengungsi itu.

Sebagai informasi, Posko Meli dihuni sekitar 480 kepala keluarga (KK) atau 1.780 jiwa. Pengungsi di posko ini dari Desa Radda dan Meli. Di dalam tenda saat malam memang cuaca dingin. Saat malam, pengungsi melapisi tubuhnya dengan beberapa lapis pakaian agar bisa tidur dengan nyaman.

Berdasarkan informasi dari Dinas Kominfo Lutra, sebanyak 33 tenda pengungsian milik TNI-Polri bersama BNPB dan Kemenetrian Sosial didirikan untuk menampung para pengungsi yang kini mendiami camp pengungsian di Desa Radda dan Desa Meli Kecamatan Baebunta. Sebelumnya, para pengungsi yang berada di sejumlah titik yang berada di Desa Radda dan Meli, hanya menggunakan terpal untuk berlindung pasca banjir bandang yang menghanyutkan rumah mereka.

BACA JUGA:  (VIDEO) Wakil Ketua DPRD Lutra Pukul Meja, RDP Bersama Massa Korban Banjir Sempat Ricuh

Berdasarkan data dari Dandim 1404 Sawerigading, Letkol Inf. Gunawan, sejauh ini terdapat 33 tenda pengungsian yang terdiri dari tenda pleton dengan kapasitas kurang lebih 20 orang atau 4 KK per tenda, dan tenda regu dengan kapasitas 1 KK (5 jiwa). Tenda pengungsian dilengkapi masing-masing 10 bilik toilet untuk laki-laki dan perempuan serta 2 bilik kamar mandi masing-masing untuk perempuan dan laki-laki. Sejumlah tenda juga didirikan untuk menjadi pos komando bagi tenaga medis dan relawan dari TNI-Polri.

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=717113025532043&id=235007470409270

Diketahui, selain 10.000 paket sembako, Presiden Jokowi juga mengirim 900 paket bantuan yang terdiri atas selimut, sarung, susu balita, handuk dewasa, dan popok balita. kepada masyarakat terdampak banjir bandang yang menerjang Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh tim dari Sekretariat Presiden bersama Paspampres di posko penanganan darurat bencana alam, Kecamatan Baebunta, Kabupaten Luwu Utara, Rabu (22/7/2020).

Sebelumnya, banjir bandang menerjang sejumlah wilayah di Luwu Utara pada Senin (13/7/2020) malam. (Ip)

‘PostBanner’

Comment