by

Kerja Cepat Tim PLN, 99 Persen Kelistrikan di Lutra Kembali Normal

Kelistrikan Masambah pulih 99 persen (ilustrasi)

Smartcitymakassar.com – Masamba. PLN berhasil normalkan kembali 99 persen kelistrikan di Luwu Utara (Lutra), Sulawesi Selatan. Hingga Minggu (19/7/2020) pagi tercatat, 350 gardu telah menyala.

Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Palopo, Alimuddin menjelaskan bahwa masih tersisa 5 gardu di daerah Sabbang yang belum bisa dinyalakan karena akses ke lokasi tidak dapat dilewati.

‘FooterBanner’


“Tim kami dilapangan terus berupaya untuk memberikan perbaikan maksimal dengan tetap memprioritaskan keamanan. Kami perlu memastikan bahwa gardu, jaringan, dan instalasi pelanggan tetap aman dengan melakukan inspeksi, pembersihan, pengeringan, dan pengecekan gardu yang terkena dampak banjir,” ujar Alimuddin.

Selain memulihkan jaringan listrik, PLN juga telah mendirikan 2 posko untuk membantu korban terdampak banjir, 1 posko di kantor PLN ULP Masamba dengan dilengkapi tenda dan ambulance dan 5 tenaga medis dari Yayasan Baitul Ma’al (YBM) PLN dan 1 posko di dekat Masjid Paigunta Sakbang.

Alimuddin menjelaskan, pendirian posko ini diharapkan bisa dimanfaatkan masyarakat disekitar daerah terdampak yang membutuhkan layanan kesehatan. PLN juga telah menyalurkan bantuan 2 buah tandon air dan 5 genset untuk masyarakat.

Tidak hanya membangun posko, hingga Sabtu (18/7/2020), PLN juga telah menyerahkan bantuan senilai Rp 210 juta terdiri dari paket sembako, APD, sarung serta pakaian anak.

BACA JUGA:  Gubernur Sulsel dan GM Pertamina Bahas Beasiswa untuk Warga Pulau

Sebelumnya, Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM, Agung Pribadi menjelaskan upaya pemulihan kelistrikan di wilayah terdampak terus dilaksanakan, berangsur-angsur menuju 100% di tengah akses jalan masih sulit.

“Upaya percepatan pemulihan kelistrikan di wilayah terdampak terus dilaksanakan, berangsur-angsur menuju 100% di tengah akses jalan masih sulit dan terdapat genangan air yang tinggi. Teman-teman PLN di lapangan sedang berupaya keras, agar masyarakat Luwu Utara segera mendapatkan listrik,” ungkap Agung Pribadi, Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM, di Jakarta (17/7/2020).

Beberapa daerah sudah pulih 100% yaitu Malangke, Kanyapu, Pongo, Lara, Lawewe dan Mappadecceng. Untuk kota Masamba, Radda, Baebunta, Malimbu dan Baloli proses pemulihan kelistrikan sebanyak 90%. Sedangkan Kapidi, Poddo, Laba, Sabbang, Salulemo, proses pemulihan sebesar 82%.

Banjir bandang yang terjadi pada Senin lalu (13/7/2020) berdampak di enam kecamatan yaitu Kecamatan Masamba, Sabbang, Baebunta, Baebunta Selatan, Malangke dan Malangke Barat. (Ip)

‘PostBanner’

Comment