by

Pandemi Covid-19 tidak Halangi Dosen PNUP Gelar Pelatihan Pengelasan

Picture1
Keterangan: Pelatihan pengelasan dilaksanakan oleh Dosen Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) dengan mitra Kelompok Pemuda Katangka, di Kelurahan Minasaupa, Kota Makassar, Sabtu (11/7/2020) / foto: Arman PNUP

Smartcitymakassar.com, Makassar. Pelatihan pengelasan dilaksanakan oleh Dosen Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) di tengah wabah Covid-19 yang masih melanda seluruh wilayah Indonesia pada umumnya, khususnya di Makassar.

Dosen (PNUP melatih Kelompok Pemuda Katangka yang berlokasi di Kelurahan Minasaupa, Kota Makassar, dilatih untuk peningkatan keterampilan las, Sabtu (11/7/2020). Mitra yang berlokasi di kompleks Kodam Katangka tersebut merupakan calon wirausaha muda yang potensial dalam bidang jasa pengelasan.

‘FooterBanner’


Protokol kesehatan tetap menjadi perhatian utama pada saat pelaksanaan kegiatan dengan membagikan masker kepada seluruh peserta dan masyarakat yang turut hadir pada kegiatan tersebut.

Pelaksanaan kegiatan ini dibiayai oleh DIPA Politeknik Negeri Ujung Pandang, sesuai dengan Surat Perjanjian Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat Nomor: B/44/PL10.13/PM.01.01/2020, tanggal 13 April 2020. Diharapkan dengan kegiatan ini proses pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang merupakan Tridharma perguruan tinggi bisa dijalankan oleh pihak Politeknik Negeri Ujung Pandang yang merupakan salah satu politeknik terbesar di wilayah Indonesia Timur.

Pelaksana kegiatan dari dosen PNUP ini diketuai oleh  Yan Kondo, S.T., M.T.,  dengan anggota masing-masing Dr. Ir. Muhammad Arsyad, MT., Amrullah, S.T., M.T, dan Dr. Eng. Arman, S.T., M.T. Mereka memberikan materi berupa teori dasar las listrik, teori K3 (Keselamatan dan Kesehatan kerja) serta teori tentang manajemen bengke las.

BACA JUGA:  Mitra UMKM Pertamina di Sulawesi Perluas Pangsa Pasar Melalui Pameran Virtual SMEXPO 2020

Selain teori, mitra juga diberikan bantuan berupa peralatan kerja sesuai dengan standar pengelasan, termasuk las listrik, alat pelindung diri, dan alat pemadan api ringan, serta tool box dan isinya.

Setelah penyerahan bantuan mereka kemudian dibimbing untuk menggunakan seluruh peralatan tersebut. Mereka juga diberi bimbingan terkait cara mengelola usaha las dengan manajemen yang sederhana, seperti bagaimana tertib administrasi, serta pengelolaan keuangan sederhana untuk mengetahui cash flow (aliran dana masuk dan keluar) usaha mereka.

Agenda ini diapresiasi oleh kelompok pemuda yang berlokasi di Kompleks Kodam Katangka, terlebih karena dilaksanakan ditengah pandemi Covid-19.

Mereka mengatakan akan berusaha untuk mencapai target luaran berupa bengkel las, baik dikerjakan di tempat usaha mereka maupun sebagai las panggilan. Kelompok pemuda ini juga berusaha bisa berjalan dengan standar dan dikenal secara luas oleh masyarakat sekitar sehingga bisa menjadi salah satu alternatif usaha oleh kelompok pemuda di Katangka ini.** (Ib)

‘PostBanner’

Comment