by

Menang di Praperadilan Negeri, Ifal Anwar: Penyidik Polda Sulsel Harus Buka Kembali Kasus Aiswariah Amin

PHOTO-2020-07-08-19-56-27
Keterangan: Kuasa Hukum Aiswariah Amin, Andi Ifal Anwar (baju batik) / foto: As

Smartcitymakassar.com, Makassar. Penyidik Ditreskrim Polda Sulsel telah mengeluarkan Surat Penetapan Penghentian Penyidikan (SP3) terhadap kasus dugaan penipuan dan penggelapan dengan alasan kasus atas pelapor Aiswariah Amin terhadap terlapor Juni Marwari merupakan ranah perdata, bukan ranah pidana.

Untuk itu, kuasa hukum Aiswariah Amin, Andi Ifal Anwar, mengajukan praperadilan di Pengadilan Negeri Makassar yang didaftar pada Rabu (10/06/2020) lalu.

‘FooterBanner’


“Jadi, dengan dasar itulah, kami kemudian mengajukan permohonan praperadilan di Pengadilan Negeri pada hari Kamis, 2/7/2020,” jelas Ifal Anwar saat menggelar konferensi pers di Cafe Dapur Ali, Rabu (8/7/2020).

“Dan, hasil putusan praperadilan nomor : 10/Pra.Pid/2020/PN.Mks. pada Hari Kamis, (2/7/2020), hakim tunggal saat itu putuskan bahwa surat putusan yang dikeluarkan penyidik Polda Sulsel dinyatakan batal demi hukum (tidak sah),” tambah Ifal Anwar.

BACA JUGA:  LPM Estetika FBS UNM Gelar Pelatihan dan Pendidikan Jurnalistik via Daring

Untuk itu, lanjut Ifal, dengan adanya putusan pengadilan, maka penyidik Polda Sulsel harus membuka dan memproses kembali kasus yang menimpa Aiswariah Amin.

“Dan kami harap, kepolisian Polda Sulsel untuk patuh dan tunduk terhadap putusan praperadilan, sebab itu adalah produk hukum yang harus dijalankan oleh semua yang berkepentingan,” tutupnya.** (As)

‘PostBanner’

Comment