by

Dies Natalis ke-19 STITEK Balik Diwa, Ikramullah: Maju STITEK, Maju Maritim Indonesia

Keterangan Foto: Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni STITEK Balik Diwa Makassar

Smartcitymakassar.com – Makassar. Sekolah Tinggi Teknologi Kelautan (STITEK) Balik Diwa Makassar berulangtahun yang ke-19 pada hari Minggu lalu (5/7).

Pada 19 tahun yang lalu, STITEK Balik Diwa Makassar lahir dan mewarnai dunia pendidikan, khususnya pendidikan dalam bidang Kelautan dan Perikanan.

‘FooterBanner’


Kampus yang diseleggarakan oleh Yayasan Pendidikan Balik Diwa Makassar ini mengusung visi besar menjadi Sekolah Tinggi terdepan dalam Penyelenggaraan Pendidikan Perikanan dan Kelautan di Indonesia.

Selama 19 tahun, STITEK Balik Diwa Makassar telah melakukan berbagai macam terobosan untuk membangun dunia kelautan dan perikanan Indonesia.

Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni STITEK Balik Diwa Makassar, Muh. Ikramullah Akmal, S.Sos, M.Si menilai bahwa potensi kelautan dan perikanan Indonesia yang besar mesti ditunjang oleh sumber daya manusia yang handal.

“Itulah yang terus dibangun di STITEK Balik Diwa yakni menyiapkan SDM yang handal, kompeten, dan professional untuk membangun dunia kemaritiman serta memanfaatkan secara optimal potensi kelautan dan perikanan Indonesia,” ungkapnya.

Dalam 19 tahun perjalanannya, sudah banyak capaian dari STITEK Balik Diwa Makassar. Yang paling anyar, kampus ini kembali mempertahankan Predikat Akreditasi B yang diraih sejak tahun 2015. Akreditasi ini berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT No. 72/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/PT/IV/2020.

Bukan hanya itu, STITEK Balik Diwa Makassar juga membuat capaian pemeringkatan perguruan tinggi yang membanggakan yakni berhasil menjadi Top 8 Perguruan Tinggi Swasta LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi dan Gorontalo.

“Capaian Akreditasi B membuktikan bahwa STITEK Balik Diwa Makassar sudah memenuhi kriteria dari syarat-syarat penilaian akreditasi. STITEK Balik Diwa sebagai salah satu perguruan tinggi di Makassar memang berkomitmen penuh untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan di usianya yang ke-19 tahun. Capaian di peringkat 8 PTS terbaik se-Sulawesi pun menjadi pendorong utama,” ujar Muhammad Ikramullah Akmal.

STITEK Balik Diwa juga telah banyak mengukir prestasi mahasiswa di berbagai ajang nasional maupun internasional.

BACA JUGA:  Coca-Cola Amatil Indonesia Rayakan Hari Raya Idul Adha 1441 H dengan Berbagi Kebahagiaan Bersama Masyarakat

Tahun 2016 misalnya, Kampus Biru ini menjadi Juara 1 Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat Kopertis IX. Lalu, tahun 2017 menjadi Juara 3 dan terakhir tahun 2019 menjadi Juara 4 (Harapan I) tingkat Kopertis IX.

STITEK Balik Diwa juga turut ambil bagian dalam Olimpiade Sains tingkat Wilayah, Juara 2 Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia, memperoleh Silver medals dalam Lomba Paduan Suara Malaysian International Coral, dan berbagai prestasi lainnya.

“Prestasi ini menunjukkan bahwa STITEK Balik Diwa telah menjadi spektrum kuat dalam prestasi mahasiswa di Indonesia,” ujar Pembina Kemahasiswa STITEK Balik Diwa ini.

Selain itu, kata Ikramullah, sebagai langkah membantu dan meningkatkan kualitas mahasiswa, STITEK Balik Diwa juga memberikan fasilitas beasiswa kepada mahasiswa, baik beasiswa unggulan, beasiswa PPA, sampai beasiswa bidikmisi/KIP-Kuliah untuk menunjang pendidikan mahasiswa.

Ikram, sapaan akrab Ikramullah, berharap STITEK Balik Diwa Makassar bisa menjadi terus membantu lebih banyak mahasiswa untuk bisa merasakan pendidikan yang berkualitas.

Ia menuturkan bahwa STITEK Balik Diwa Makassar juga akan terus memperkuat hubungan kerjasama dengan pihak luar untuk mendukung peningkatan mutu pendidikan di STITEK Balik Diwa.

Ikram juga menegaskan komitmennya untuk memperkuat hubungan dengan masyarakat melalui program-program pengabdian kepada masyarakat. Sehingga, STITEK Balik Diwa Makassar tak hanya berkontribusi dalam dunia pendidikan dan penelitian, tetapi juga berkontribusi langsung di masyarakat.

Ikram pun menyampaikan terima kasih kepada seluruh sivitas akademika STITEK Balik Diwa.

“Capaian selama 19 tahun ini berkat kerjasama yang baik dengan seluruh sivitas akademika STITEK Balik Diwa. Kerjasama antara mahasiswa, dosen, staf, dan tenaga kependidikan lainnya. Semoga STITEK Balik Diwa terus maju dan melahirkan pemimpin-pemimpin dunia kemaritiman Indonesia yang handal dan berdaya saing. Selamat Dies Natalis Ke-19 kampus tercinta, STITEK Balik Diwa Makassar. Maju STITEK! Maju Maritim Indonesia!” pungkasnya**(Jen)

‘PostBanner’

Comment