by

Laporan Keuangan Ungkap Kampanye Global Propaganda China

Bendera negara China (ilustrasi)

Smartcitymakassar.com – China melaporkan kepada Departemen Kehakiman AS pada bulan ini bahwa salah satu publikasi bahasa Inggrisnya membayar $ 19 juta kepada media AS sejak November 2016, termasuk pembayaran $ 12 juta untuk surat kabar utama AS, seperti Washington Post dan Wall Street Journal.

Dilansir dari Voa, pembelian iklan oleh media berita resmi China Daily adalah langkah kecil dari kampanye pengaruh global Beijing. Iklan China Daily, yang disebut “China Watch,” kerap muncul sebagai sisipan yang dikenali dengan jelas di surat kabar-surat kabar AS.

‘FooterBanner’


Dalam situsnya, China Daily menggambarkan “China Watch” sebagai terbitan bulanan dengan sirkulasi global 4 juta.

Daily Caller pertama kali melaporkan pengeluaran jutaan dolar itu pada 8 Juni, berdasarkan pengajuan Departemen Kehakiman setebal 86 halaman tertanggal 1 Juni.

BACA JUGA:  Sempat Bentrok dengan Aparat, Ratusan Mahasiswa dari Berbagai Elemen Menggelar Unjuk Rasa di Depan DPRD Sulsel

Ini bukanlah yang pertama kali China Daily secara resmi mengajukan angka itu kepada Departemen Kehakiman. Harian itu telah terdaftar sebagai agen asing pada tahun 1983 dan diminta untuk melaporkan transaksi keuangannya sejak itu, berdasarkan Undang-Undang Pendaftaran Agen Asing (FARA).

Rinciannya mengungkapkan, China Daily membayar Wall Street Journal sejumlah hampir $ 6 juta, harian Washington Post hampir $ 4,6 juta, New York Times $ 50.000, dan media sosial Twitter lebih dari $ 260.000 dari November 2016 hingga April 2020. (Aan/Voa)

‘PostBanner’

Comment