by

Wagub Sulsel Puji Warga Karunrung Manfaatkan Pekarangan Kosong untuk Kebun Sayuran

PHOTO-2020-06-16-19-35-22
Keterangan: Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, mengunjungi kebun di Jalan Karunrung Raya 2, Kota Makassar, Selasa (15/06/2020) / foto: Ist.

Smartcitymakassar.com, Makassar. Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, mengunjungi kebun di Jalan Karunrung Raya 2, Kelurahan Karunrung, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar, Selasa (15/06/2020).

Lahan kosong ini berbatasan langsung dengan masjid berdinding hijau cukup luas. Tepatnya di belakang masjid. Memanfaatkan pekarangan kosong menjadi kebun yang dipagari bambu. Di kawasan kebun itu terdapat sebuah gazebo sederhana.

‘FooterBanner’


Beragam tanaman pangan ditanam di lahan ini, dari sayur-sayuran, buah-buahan, hingga bahan masakan lainnya. Beberapa diantaranya sayur kelor, buah naga, jahe, kunyit dan sebagainya.

Kebun yang dibuat itu atas inisiatif Ketua Pengurus Masjid sekaligus yang mengurus kebun, Baharuddin, dibantu oleh masyarakat sekitar. Hasil tanaman ini pun juga langsung dirasakan oleh masyarakat. Terlebih di tengah kondisi pandemi covid-19.

Meski dalam kondisi hujan, Andi Sudirman berkeliling melihat langsung kebun itu. Ia pun berencana memberikan bantuan kolam beserta bibit ikan yang juga bisa bermanfaat untuk warga sekitar.

BACA JUGA:  MDV Business Forum Hadirkan Wakil Ketua Umum HIPMI Sulsel

“Mantap ini. Memanfaatkan lahan kosong untuk ketahanan pangan bagi warga,” ujarnya. Ia pun mengusulkan jika setiap masjid memiliki pintu khusus bagi masyarakat pendatang yang ingin menunaikan salat.

“Jadi tetap bisa salat di masjid. Tapi menghindari kontak langsung dengan warga sekitar, harus dibuatkan pintu khusus,” tuturnya.

Turut hadir dalam kunjungan ini adalah Tim Koordinasi Relawan, drg M Arief Rosyid dan dr Tirta, serta Anggota DPRD Sulsel Ismail Bachtiar.

Di kesempatan itu, Arief Rosyid mengajak semua pihak untuk memanfaatkan masjid sebagai episentrum untuk menyebar virus kebaikan, serta mendorong fungsi sosial ekonomi untuk umat.** (MT)

‘PostBanner’

Comment